Selasa 17 May 2011 08:28 WIB

Meski Berkedalaman 25 KM, Gempa Malang tak Berpotensi Tsunami

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG - Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR), Selasa sekitar pukul 07.14 WIB, mengguncang wilayah Malang Raya (Kota Malang, Batu dan Kabupaten Malang). Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates, Adi Supriyanto, mengatakan lokasi gempa tepat pada 9.55 Lintang Selatan (LS) dan 112.55 Bujur Timur (BT) serta sekitar 170 kilometer Tenggara Blitar, Jawa Timur.

"Meski berkedalaman 25 Km, namun tidak berpotensi tsunami, termasuk di perairan Laut Selatan Kabupaten Malang," katanya.

Sampai saat ini juga masih belum ada laporan adanya korban jiwa maupun kerusakan di kawasan Blitar dan wilayah Malang Raya. Dampak guncangan gempa berkekuatan 6,1 SR itu bisa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di wilayah Malang Raya dan Blitar.

Salah seorang warga Kecamatan Sumberpucung, Fadilah, mengaku, dirinya merasakan guncangan cukup kuat. Karena saat gempa terjadi, dirinya dalam posisi duduk.

"Saat saya sarapan bersama keluarga, kok tiba-tiba meja di depan terdorong dan gelas di atasnya berguncang. Tak lama kemudian warga kok pada berhamburan keluar sambil teriak,'Ada gempa, ada gempa'," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement