Rabu 04 May 2011 09:47 WIB

Pemkab Seluma Bengkulu Butuh Ahli Pertambangan, Mau?

Tambang emas rakyat, ilustrasi
Tambang emas rakyat, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU-- Pemerintah daerah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu membutuhkan tenaga ahli pertambangan karena di daerah ini terdapat berbagai potensi alam yang bisa dikelola dengan usaha pertambangan.

Cadangan tambang terbesar antara lain emas, batu gamping dan pasir besi, namun untuk mengelola potensi pertambangan tersebut terbentur kurangnya tenaga ahli, kata Bupati Seluma H Murman Effendi, Rabu.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil penelitian dari para ahli geologi pusat, wilayah Kabupaten Seluma terdapat kandungan mineral emas cukup tinggi, terutama pada kawasan hutan lindung dan beberapa lokasi lainnya.

Ilmuwan geologi, katanya, memperkirakan dalam wilayah sekitar 20 ribu hektare masuk dalam wilayah Kabupaten Seluma dan Lintang Empat Lawang, Sumsel terdapat sekitar 30 persen kandungan emas berkadar tinggi.

Hal itu dilihat saat melakukan survei awal beberapa tahun lalu dengan perusahaan nasional untuk mengetahui pertambangan emas di wilayah Provinsi Bengkulu termasuk di Kabupaten Seluma.

Ia mengharapkan, survei tersebut hendaknya ditindaklanjuti dan direalisasikan untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi, sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

"Patut disayangkan saat ini daerah ini kekurangan tenaga ahli bidang pertambangan karena sampai saat ini belum ada sarjana pertambangan masuk ke Kabupaten Seluma, untuk mengabdi dan menggali potensi pertambangan tersebut," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement