Rabu 13 Apr 2011 18:11 WIB
Serangan Ulat Bulu

Gawat...Ulat Bulu Mulai Serang Pepohonan di Kebun Binatang Surabaya

Rep: Nuraini/ Red: Siwi Tri Puji B
Ulat bulut (ilustrasi)
Foto: Antara/Syaiful Arif
Ulat bulut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Serangan ulat bulu sudah merambah Kota Surabaya di sejumlah titik. Sedikitnya telah ada tujuh titik di Kota Surabaya dimana ulat bulu ditemukan dalam jumlah yang relatif banyak.

Selain di tujuh titik tersebut, ulat bulu sebelumnya juga telah ditemukan  kawasan Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Kelurahan Lontar. Di kawasan KBS, ulat telah menyerang sekitar 30 pohon. Sementara di Kelurahan Lontar, pohon yang diserang belum terhitung.

Menurut Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Surabaya, Supriyanto, ulat bulu ditemukan di sekitar Bundaran Waru, Taman Pelangi, Bundaran Jl. Mayjend Sukono, Kawasan SIER ( Surabaya Industrial Estate Rungkut ), Kendangsari, dan Kedung Waru.

Jumlah ulat bulu yang ditemukan di tujuh titik tersebut relatif banyak lantaran daun-daun pohon sudah meranggas. “Keberadaan ulat bulu itu kita ketahui setelah banyak pohon yang daunnya meranggas,"ujarnya, Rabu (13/4).

Untuk mencegah penyebaran ulat bulu lebih lanjut, Dispertan menyemprot insektisida di sekitar pohon yang diserang. Sementara untuk pohon yang belum diserang, dilakukan penyuntikan (takik) insektisida agar ulat bulu tidak berkembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement