Kamis, 17 Jumadil Akhir 1435 / 17 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Jembatan Terancam Ambruk, Jalinsum Ditutup

Selasa, 12 April 2011, 08:59 WIB
Komentar : 0
Republika/Maspriel Aries
Jalan lintas Sumatera
Jalan lintas Sumatera

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG -- Ruas jalan lintas Sumatera (jalinsum) ditutup akibat sebuah jembatan terancam ambruk. Jembatan Way Besai pada ruas jalinsum yang berada di Desa Banjarmasin, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Lampung, terancam runtuh ke dalam sungai Way Besai karena landasan as jembatan patah yang menyebabkan badan jembatan terus turun.

Patahnya landasan jembatan akibat truk yang sarat muatan batu bara terbalik. Truk yang dikemudikan Juniarto, 35 tahun, itu oleng saat melintas jembatan Way Besai lalu menghantam tiang jembatan akhir pekan lalu. Muatan batu bara yang diperkirakan mencapai 30 ton, yang dibawa dari Sumsel menuju Bandarlampung, tumpah di atas jembatan.

Berdasar hasil pemeriksaan tim Balai Besar Jalan Nasional Wilayah III Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), jembatan itu tidak laik dilintasi. Ruas jalinsum yang melwati jembatan itu pun haru ditutup total mulai Senin (11/4).

Rizaludin, 46 tahun, warga Pasar Baradatu, mengatakan semua kendaraan dilarang lewat dan harus dialihkan ke jalur lain. “Truk besar harus lewat jalan lintas timur atau jalintim,” ujarnya, Selasa (12/4).

 

 

Reporter : Maspriel Aries
Redaktur : Johar Arif
Celaka bagi orang yang bercerita kepada satu kaum tentang kisah bohong dengan maksud agar mereka tertawa. Celakalah dia...celaka dia. ((HR. Abu Dawud dan Ahmad))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  ning Selasa, 12 April 2011, 09:15
ini akibat, jika peraturan hanya di atas kertas, tanpa implementasi dan pengawasan, biasanya komponen damai antar oknum yang sangat dominan, makanya negara kita sangat sulit untuk maju, karena mental & moral oknum banyak yang sudah rusak, kejadian seperti ini hampir terjadi di semua daerah.
  sularso Selasa, 12 April 2011, 09:07
kalo sudah begini..."mau ambruk" siapa yang MAU "Tanggung Jawab"..!!!!!!!!..itu kenapa TRUCK bisa melewati jalan bawa BATU BARA 30 TON.....Yang Rugi RAKYAT PENGGUNA JALAN.....yang untung siapa hayooooo????