Selasa, 12 April 2011, 08:59 WIB

Jembatan Terancam Ambruk, Jalinsum Ditutup

Rep: Maspriel Aries/ Red: Johar Arif
Republika/Maspriel Aries
Jalan lintas Sumatera
Jalan lintas Sumatera

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG -- Ruas jalan lintas Sumatera (jalinsum) ditutup akibat sebuah jembatan terancam ambruk. Jembatan Way Besai pada ruas jalinsum yang berada di Desa Banjarmasin, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Lampung, terancam runtuh ke dalam sungai Way Besai karena landasan as jembatan patah yang menyebabkan badan jembatan terus turun.

Patahnya landasan jembatan akibat truk yang sarat muatan batu bara terbalik. Truk yang dikemudikan Juniarto, 35 tahun, itu oleng saat melintas jembatan Way Besai lalu menghantam tiang jembatan akhir pekan lalu. Muatan batu bara yang diperkirakan mencapai 30 ton, yang dibawa dari Sumsel menuju Bandarlampung, tumpah di atas jembatan.

Berdasar hasil pemeriksaan tim Balai Besar Jalan Nasional Wilayah III Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), jembatan itu tidak laik dilintasi. Ruas jalinsum yang melwati jembatan itu pun haru ditutup total mulai Senin (11/4).

Rizaludin, 46 tahun, warga Pasar Baradatu, mengatakan semua kendaraan dilarang lewat dan harus dialihkan ke jalur lain. “Truk besar harus lewat jalan lintas timur atau jalintim,” ujarnya, Selasa (12/4).

 

 

TAG