Selasa 22 Mar 2011 09:14 WIB

Alhamdulillah...Gempa di Cilacap, Belum Ada Laporan Kerusakan

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyatakan gempa berkekuatan 4,4 Skala Richter pada Selasa pukul 05.00 WIB tidak mengakibatkan kerusakan di wilayah itu. "Hingga saat ini (pukul 08.00 WIB, red.) kami belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Wasi Ariyadi di Cilacap.

Menurut dia, hal itu kemungkinan karena gempa tersebut berkekuatan hanya 4,4 SR. "Semoga tidak ada kerusakan akibat gempa tersebut," katanya. Terkait hal itu, ia mengatakan warga masyarakat diimbau untuk segera mencari tempat aman jika suatu saat terjadi gempa bumi, karena Kabupaten Cilacap termasuk wilayah rawan tsunami.

Gempa berkekuatan 4,4 SR mengguncang sejumlah wilayah di Jawa Tengah bagian selatan pada Selasa (22/3) pukul 05.00 WIB. "Gempa yang terjadi pukul 05.00.21 WIB itu berkekuatan 4,4 SR yang berpusat di 7,97 derajat lintang selatan dan 109,10 derajat bujur timur," kata Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Ahmad Lani.

Menurut dia, lokasi gempa berada sekitar 29 kilometer sebelah tenggara Cilacap, atau selatan Gombong, Kabupaten Kebumen, dengan kedalaman 23 kilometer, dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Ia mengatakan gempa tersebut dapat dirasakan di Cilacap pada III MMI (Modified Mercally Intensity). "Pada III-IV MMI gempa dirasakan semua orang," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement