Rabu 07 Mar 2012 21:43 WIB

Wah, Tasikmalaya Mengandung Minyak Bumi

Sumur minyak
Foto: iress.web.id
Sumur minyak

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA - PT Pertamina akan melakukan uji ekplorasi seismik di Kecamatan Tamansari dan Cibeureum Kota Tasikmalaya Jawa Barat karena diduga mengandung minyak bumi.

"Kota Tasikmalaya bakal diuji ekplorasi seismik karena berpotensi di dua kecamatan tersebut mengandung minyak bumi," kata Staf Pelaksana Teknis Uji Ekplorasi Seismik Pertamina Pusat Erwan Cahyadi saat menggelar sosialisasi kandungan minyak di ruang rapat Wali Kota Tasikmalaya, Rabu (7/3).

Ia mengungkapkan, minyak bumi merupakan hasil bumi yang tidak dapat diperbaharui sehingga Pertamina berupaya mencari sumber-sumber baru di sejumlah daerah lain di Jawa Barat di antaranya Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil pemetaan kordinat, Erwan menjelaskan, wilayah Kota Tasikmalaya terdapat potensi kandungan minyak bumi sehingga perlu dilakukam pengujian lebih lanjut yang lamanya bisa mencapai 1 hingga 2 bulan.

"Kalau sudah ditemukan keberadaanya baru dilakukan bor ekplorasi, selanjutnya diteliti apakah bernilai ekonomis atau tidak, kalau tidak bernilai ekonomis maka tidak akan diproduksi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Binamarga, Pertambangan dan Energi, Kota Tasikmalaya Endang Nurjaman menyatakan Pemerintah Kota Tasikmalaya mendukung dilakukannya uji ekplorasi seismik tersebut.

Apabila terbukti benar adanya kandungan minyak, menurut Endang, akan berdampak meningkatnya ekonomi masyarakat di Kota Tasikmalaya menjadi lebih baik. "Jika nanti keberadaan minyak bumi benar ada di Kota Tasikmalaya, ini bakal meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement