Sabtu 11 Feb 2012 18:21 WIB

Kernet 'Bus Maut' Selamat Karena Bersembunyi di Kolong Jok

Bus Karunia Bhkati
Foto: agung supriyatno
Bus Karunia Bhkati

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT - Kernet bus Karunia Bakti, Rohman (33) selamat dari peristiwa maut tabrakan maut di Puncak Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/2) karena bersembunyi di kolong jok sebelum bus naas itu masuk jurang.

"Saya melihat gak bakalan selamat, makanya saya bersembunyi," kata Rohman di ruangan bagian unit Laka, Satlantas, Polres Garut, Jawa Barat, Sabtu (11/2).

Rohman warga Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, sebelum kejadian berada pada posisi berdampingan dengan supir, Lukman (40) dan kondektur bus Dedi yang selamat dari peristiwa tabrakan tersebut.

Setelah bus terhenti dengan posisi berada dibawah jalan, Rohman, juga kondektur dan supir langsung melarikan diri ke rumahnya di Garut untuk menyelamatkan diri karena khawatir menjadi amukan massa.

Sebelum peristiwa tabrakan bus tersebut, Rohman menerangkan bus sudah dinyatakan layak jalan sejak pemberangkatan awal di terminal Garut.

Selama perjalanan hingga sampai Kabupaten Cianjur, kata Rohman, tidak mengalami hambatan karena situasi jalan tidak terlalu menurun serta kondisi bus dalam keadaan baik.

Namun setibanya di kawasan Taman Safari, Bogor, supir bus sempat merasa tidak nyaman dengan kondisi rem bus yang macet tidak berfungsi optimal.

Bahkan bagian bus kanan sempat tercium bau, sehingga sebelum di lokasi kejadian, ada salah seorang penumpang turun, kemudian melakukan pemeriksaan kondisi rem bus.

Setelah dipastikan aman, kata Rohman, bus kemudian melaju kembali ke arah Jakarta, namun ketika melewati puncak Bogor dengan kondisi jalan menurun, rem ternyata tidak berfungsi.

"Supir bilang, ini rem gak ada," kata Rohman yang menyerahkan diri ke Polres Garut untuk siap diperiksa di Polres Bogor.

Kondisi jalan yang menurun tersebut, kata Rohman, menyebabkan laju bus semakin cepat, yakin tidak bisa dikendalikan, Rohman langsung menyelamatkan diri dibawah jok kursi kedua bagian depan.

Dalam posisi menyelamatkan diri tersebut, Rohman, mengaku hanya mendengar suara benturan keras tabrakan antara bus dengan beberapa mobil didepan serta suara pecah kaca.

"Saya tetap didalam tapi berlindung dibawah bangku, saya tidak nengok kemana-mana, tahu-tahu bus sudah dibawah, Terasa suara pecah kaca, benturan-benturan, tapi tidak melihat," katanya.

Setelah peristiwa tabrakan tersebut, Rohman langsung berusaha keluar dari bus dan meninggalkan kawasan lokasi kejadian tabrakan dan pergi ke Garut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement