Rabu 01 Feb 2012 20:56 WIB

Bus Masuk Jurang di Sumedang Akibat Kelalaian Manusia

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Ramdhan Muhaimin
Kecelakaan bus (ilustrasi)
Foto: Antara
Kecelakaan bus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus penumpang umum terjadi di Jalan Raya Malangbong-Wado, Dusun Cilangkap, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang pada Rabu (1/2) pada pukul 16.15 WIB (sebelumnya pukul 18.05 WIB). KEcelakaan diakibatkan kelalaian manusia.

"Penyebab kecelakaan lalu lintas diperkirakan akibat kelalaian pengemudi yang tidak melihat situasi dan kondisi medan jalan di TKP yang menurun dan banyak tikungan. Sehingga berkecepatan tinggi akan terjadi kecelakaan," jelas Kapolres Sumedang, AKBP Arman Achdiat saat dihubungi Republika, Rabu (1/2).

Ia menjelaskan kecelakaan terjadi pada bis Maju Jaya dengan nomor polisi Z 7761 A yang dikemudikan Asep Iwan (37 tahun), beralamat di Cikaramas, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Saat ini ia masih di tempat kejadian perkara (TKP) terjadinya kecelakaan bus yang masuk jurang di Kecamatan Wado, Sumedang, Jawa Barat.

Kecelakaan ini, lanjutnya, diakibatkan rem blong sehingga bus menabrak belakang truk dengan nomor polisi E 8705 YA yang dikemudikan Enco Jasman (50 tahun).

"Pengemudi bis Majujaya, Asep Iwan telah diamankan di Mapolres Sumedang," ujarnya.

Akibat peristiwa ini, 10 orang dinyatakan tewas dan 21 lainnya luka-luka. Lima korban tewas telah teridentifikasi yaitu Tati (45 tahun), Suhendar (31 tahun), Maman Sutarman, Arya (20 tahun) dan Mujahidin (40 tahun). Sedangkan lima orang lain belum dapat diidentifikasikan identitasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement