Kamis 29 Dec 2011 16:44 WIB

Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah di Indramayu

Rep: lilis handayani/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU – Angin puting beliung kembali melanda Kabupaten Indramayu. Kali ini, angin yang disertai hujan deras menerjang Desa Lombang, Kecamatan Juntinyuat, Rabu (28/12) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, sebanyak 41 rumah milik warga di desa tersebut rusak akibat terjangan angin dan sabetan pohon yang tumbang. Tercatat, lebih dari 100 pohon yang tumbang.

Selain di lingkungan warga, pohon yang tumbang juga terjadi di pinggir jalur pantura di Kecamatan Juntinyuat. Sedikitnya dua pohon berukuran besar tumbang dan jatuh melintang di tengah jalan.

Akibatnya, kendaraan dari arah Indramayu – Cirebon dan sebaliknya, tidak dapat melintas. Kemacetan pun terjadi sekitar satu jam hingga akhirnya unsur muspika dan warga bergotong-royong menyingkirkan pohon yang tumbang.

Menurut Ketua RT 04 RW 09, Warlam, angin puting beliung yang melanda desanya itu didahului awan hitam tebal dan hujan deras sekitar pukul 18.00 WIB. Selang beberapa menit kemudian, tiba-tiba angin yang berputar-putar kencang datang dari arah persawahan.

‘’Suaranya bergemuruh sangat keras dan langsung menerjang rumah warga,’’ ujar Warlam, saat ditemui di Desa Lombang, Kamis (29/12). Tak hanya rumah, angin juga menerjang pepohonan hingga sebagian pohon tercabut dari akarnya.

Warlam mengatakan, warga pun berlarian ke luar rumah karena takut bangunan rumahnya yang ambruk. Bahkan, banyak warga yang menangis histeris sambil berdzikir karena ketakutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement