Rabu 28 Dec 2011 19:01 WIB

PKS Rekomendasikan Satu Nama Calon Walikota Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Chairul Akhmad
Bendera PKS
Foto: Republika
Bendera PKS

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI – DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Sukabumi akhirnya merekomendasikan satu nama kader internal untuk maju dalam Pemilukada 2013. Nama tersebut telah diserahkan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jabar untuk mendapatkan persetujuan.

"Saat ini, kami menunggu keputusan DPW PKS Jabar," terang Ketua DPD PKS Kota Sukabumi, Wawan Supendi, kepada Republika, Rabu (28/12). Diperkirakan hasil keputusan DPW PKS Jabar baru keluar di awal Januari 2012 mendatang.

Namun Wawan, enggan menyebutkan nama yang telah diputuskan maju sebagai calon walikota atau wakil walikota dari PKS tersebut. Satu nama itu merupakan bagian dari enam orang kader internal yang diserahkan ke DPW PKS Jabar.

Mereka adalah Achmad Fahmi (Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi), Deden Muhlisin (Deputi Pendidikan DPW PKS Jabar), dan Yudi Widiana Adia (anggota DPR RI). Tiga kader lainnya yaitu Asep Tajul Mutaqin (Kepala Bidang Kaderisasi DPD PKS Kota Sukabumi), Yayan Suryana (Ketua Komisi III DPRD Kota Sukabumi), dan Wawan Supendi (Ketua DPD PKS Kota Sukabumi).

Menurut Wawan, pengerucutan ke satu nama tersebut didasarkan pada sejumlah pertimbangan. Misalnya, dengan melakukan survei elektabilitas dan popularitas kader internal di tengah masyarakat. Penentuan nama calon juga melibatkan seluruh kader PKS dari semua jenjang. "Calon internal pun harus diterima oleh birokrat dan elemen masyarakat lainnya," kata dia.

Setelah menentukan calon internal, PKS akan memasangkannya dengan calon eksternal. Kandidat calon eksternal bisa berasal dari birokrat, politisi hingga selebritis. Penentuan pasangan walikota dan wakil walikota dari PKS baru dilakukan pada Februari mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement