Ahad 13 Nov 2011 08:45 WIB

Ratusan Siswa Sekolah Dasar 'Kuliah' di Unpad

Rep: Friska Yolandha/ Red: Didi Purwadi
Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) kuliah di Universitas Padjadjaran Bandung. (ilustrasi)
Foto: Antara/Azi Fitriyanti
Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) kuliah di Universitas Padjadjaran Bandung. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG - Bekerjasama dengan Universitas Padjadjaran, Deutscher Akademischer Austauscht Dienst (DAAD) mengadakan acara Kinderuniversitaet atau Kampus untuk Anak-anak. Sebanyak 119 siswa dari berbagai sekolah dasar hadir di Bale Rumawat, Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung.

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan universitas sedini mungkin kepada para siswa. Hal ini terinspirasi dari kegiatan serupa yang diadakan oleh universitas di Jerman

"Kami ingin memperkenalkan seperti apa suasana kuliah kepada anak-anak SD," ujar Rektor Unpad, Ganjar Kurnia.

Menurut Ganjar, hal ini tidak lah terlalu dini untuk dilakukan. Pengenalan dunia universitas kepada siswa sekolah dasar sah-sah saja dilakukan. Justru karena mereka masih SD sehingga lebih mudah diarahkan.

Selain memperkenalkan dunia kampus, acara ini juga memberikan pengetahuan baru tentang suasana sekolah dan perkuliahan di Jerman. Anak-anak ini dipilih dari sekolah-sekolah yang lokasinya berdekatan dengan kampus Unpad.

"Selama ini mereka mungkin sering bolak-balik kampus, tapi belum pernah masuk ke dalam kampus," tuturnya.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali di Unpad. Acara ini akan berlangsung selama empat kali pada akhir pekan, yaitu 12, 19, dan 26 November serta 3 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement