Selasa 13 Mar 2012 17:07 WIB

Perang Quick Count Bingungkan Warga Bekasi

Rep: Rachmita Virdani/ Red: Hafidz Muftisany
Pilkada Bekasi
Foto: wartakotalive
Pilkada Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG--Hasil hitungan cepat (Quick Count) Pilkada Bekasi yang berbeda-beda memunculkan dua nama calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Bekasi yang menempati urutan atas. Hitungan cepat tersebut antara lain diselenggarakan Radio Dakta, Indo Survey dan Strategy (ISS), dan Urban Cikarang.

Hasil penghitungan cepat Indo Survey and Strategy (ISS) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bekasi menghasilkan kemenangan untuk pasangan Neneng H Yasin-Rohim Mintareja (Nero) hanya dalam satu putaran. Dari total data yang masuk 92,56 persen, Minggu (11/3) malam, pasangan Nero meraih 42,90 persen. Sementara, pasangan Sa'duddin-Jamalullail Yunus (Saja) memperoleh 29,8 persen dan pasangan Darip Mulyana-Jejen Sayuti (Dahsyat) 27,29 persen dengan margin eror kurang lebih 2 persen.

Sama halnya dengan ISS, menurut Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) pada Senin 12 Maret 2012 adalah pasangan yang mendapat urutan pertama dengan perolehan suara 41,38 persen adalah pasangan nomor urut satu tersebut.

Sedangkan untuk pasangan cabup dan cawabup incumbent, Sa’duddin- Jamal Lulail Yunus (SAJA) medapat perolehan suara sebesar 30,43 persen dan 28,19 persen untuk pasangan Darip Mulyana-Jejen Sayuti (DAHSYAT) mendapat 28,19 persen suara. Hasil tersebut diambil dari sampel 134 TPS yang tersebar di seluruh kecamatan.

Sementara itu, Perhitungan cepat Radio Dakta mengumumkan berdasarkan informasi per TPS dari relawan dan reporter di lapangan, menunjukkan keunggulan pasangan SAJA. Produser Radio Dakta, Wildan Hasan mengatakan, pasangan SAJA unggul dibandingkan pasangan lainnya.

Menurutnya, pasangan NERO mendapatkan 31.93%, pasangan SAJA 47.24% dan pasangan DAHSYAT 20.83%. “Hasil ini diperkuat dengan laporan pendengar Dakta melalui telepon dan SMS langsung di lokasi TPS masing-masing,” tambah Wildan.

Senada dengan Radio Dakta, Tim SAJA mengaku telah menghitung suara dari 70,2 persen tempat pemungutan suara (TPS) dari total 3.907 TPS di Kabupaten Bekasi. Hasilnya, pasangan Sa'dudin-Jamalullail menguasai 40,72 persen TPS, disusul pasangan Neneng-Rohim Mintarja 32,64 persen TPS, dan Darip-Jejen Sayuti dengan 26,64 persen TPS. "Sa'dudin-Jamal mendominasi," kata Sekretaris tim SAJA, Faisal Alfan Farid

Hasil yang sama juga di ungkapkan oleh Urban Cikarang. Dari 15 kontributor yang disebar di 15 kecamatan, hitungan cepat yang dilakukan secara random oleh Urban Cikarang menyatakan pasangan SAJA unggul dengan perolehan 47,7 persen suara yang setara dengan 16.021 buah suara, disusul NERO dengan 33,8 persen suara yang setara dengan 11.353 buah suara, dan terakhir DAHSYAT dengan 18,5 persen suara yang setara dengan 6.213 buah suara. Untuk total suara sendiri Urban Cikarang mengklaim ada 33.578 suara yang masuk ke Urban Cikarang Center

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement