Senin 13 Feb 2012 23:51 WIB

Sepanjang Awal 2012, Laka Lantas Telan 1.547 Korban Tewas

Irjen Saud Usman Nasution
Foto: Antara/Reno Esnir
Irjen Saud Usman Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Negara Republik Indonesia menyatakan sebanyak 1.547 jiwa meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di seluruh Indonesia sejak awal Januari 2012.

Angka laka lantas cukup tinggi dan menonjol. Data selama satu setengah bulan ada 9.884 kasus dengan rincian 1.547 korban meninggal dunia, 2.562 luka berat dan 7.564 luka ringan.

''Kasus laka lantas paling banyak melibatkan sepeda motor sebanyak 9.595 unit, angkutan kota (angkot) 1.357 unit, bus kota 207 unit, mobil barang sebanyak 443 unit,'' kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution, di Jakarta, Senin. "Kalau kita lihat kasus ini sungguh prihatin. Makanya, kita melakukan tindakan preventif.''

Salah satu langkah preventifnya adalah kepolisian akan memperketat ujian praktik meraih Surat Izin Mengemudi (SIM). Pihaknya juga mendorong Dinas Perhubungan memperketat dalam rangka pelaksanaan uji kir.

"Tindakan preventif lainnya adalah penjagaan pada daerah-daerah rawan laka lantas serta kerja sama dengan pihak terkait. Untuk melakukan penjagaan di daerah rawan, kendaraan dilarang melewati batas kecepatan," kata Saud.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement