Jumat , 10 February 2012, 22:05 WIB

Rem Blong, Sopir 'Bus Maut Cisarua' Banting Kanan

Rep: Asep Nurzaman/ Red: Hafidz Muftisany

REPUBLIKA.CO.ID, CISARUA -- Mengetahui remnya blong, sopir Bus Karunia Bakti jurusan Garut-Jakarta, membanting stir ke arah kanan jalan. Hal ini terlihat dari posisi bus yang tersungkur di tepi kanan jalan dari arah Cianjur menuju Jakarta yang medannya menurun.

Bus tersebut, menurut sejumlah saksi mata, tadinya hendak menghindar dari menabrak kendaraan di depannya. Namun, di sisi kanan jalan juga terdapat banyak kendaraan, pangkalan ojek, dan pedagang kaki lima. Setelah memakan banyak korban, bus itu terhenti saat menabrak pagar tembok sebuah vila di dekat Rumah Makan Pondok Indah.

Yang menjadi korban kecelakaan maut pada pukul 18.15 tadi itu, bukan hanya mereka yang terseruduk bus tersebut, tetapi juga sejumlah penumpang bus. Hal ini terlihat dari identitas korban tewas dan luka yang  berasal dari daerah-daerah yang dilalui trayek Karunia Bakti, yaitu Garut, Bandung, Cianjur, dan Citeurep.

Peristiwa ini sempat menimbulkan kemacetan total sekitar 5 kilometer pada jalur Jalan Raya Puncak menuju lokasi kejadian. Namun, pada sekitar pukul 21.00 WIB, kemacetan lalu lalu lintas berangsur normal.