Kamis, 26 Januari 2012, 17:00 WIB

Niat Bercanda Justru Berujung Maut

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Didi Purwadi
Corbis.com
Pistol (Ilustrasi)
Pistol (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alih-alih bercanda, tindakan polisi ini justru mendatangkan maut. Bripda H (21 tahun) tidak sengaja menembak tewas rekannya, Bripda F, dengan senjata dinas milik Bripda G.

Peristiwa tersebut terjadi di rumah kontrakan mereka di Sungai Bambu, Tanjung Priok, pada Rabu (25/1) sekitar pukul 19.30 WIB. Kejadian bermula ketika H mengambil senjata dinas milik G dari lemari. Saksi G saat itu sedang mandi.

Usai mengeluarkan pelurunya, H langsung memainkan pistol milik G. Pelaku kemudian menembakkan senjata ke lantai dan tidak meletus.

H kemudian memain-mainkan pistol dengan mengarahkan tepat ke kepala F. Tapi, pistol ternyata masih menyisakan peluru. Peluru pun menembus dahi F yang langsung tewas di tempat.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, mengatakan pelaku saat ini sudah diamankan di Polres Jakarta Utara. Pelaku H menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Belum ditentukan pasal apa yang akan dikenai terhadap pelaku," katanya kepada Republika, Kamis (26/1).

Kemungkinan pelaku akan menjalani sidang kode etik profesi mengenai penyalahgunaan senjata api. Menurut Rikwanto, tidak seharusnya pelaku lalai dan bermain dengan senjatanya. Sanksinya bisa saja sampai pada sanksi pemecatan.

loading...