Rabu 18 Jan 2012 13:51 WIB

Foke Siap Gunakan Pesawat Buatan SMK

Rep: Nawang Fatma Putri/ Red: Hafidz Muftisany
Siswa SMK merakit pesawat terbang ringan.
Foto: Antara
Siswa SMK merakit pesawat terbang ringan.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH -- Tak mau kalah dengan siswa si Solo, Siswa SMKN 29 Jakarta siap menguji coba pesawat terbang karya mereka bernama Jabiru. Tak Tanggung-tanggung Gubernur DKI, Fauzi Bowo siap menggunakan pesawat karya siswa putra betawi ini.

Awal Februari mendatang, pesawat terbang berkapasitas empat penumpang yang telah rampung 95 persen ini akan diujicobakan. Uji coba pesawat senilai Rp 1,4 miliar ini rencananya akan dilakukan di lapangan terbang Pondok Cabe, Jakarta Selatan.

Pengadaan komponen dan perangkat pesawat ini sendiri menurut Ketua Pelaksana Perakitan Jabiru SMKN 29, Ahmad Budiman, menghabiskan dana sekitar Rp 1 miliar. Sedangkan sisa anggaran, dituturkan Ahmad, digunakan untuk mengurus perizinan uji kelayakan terbang dan pajak.

Pengerjaan pesawat ini setidaknya memakan waktu empat bulan. "Jabiru ini merupakan jenis pesawat eksperimental dan hampir seluruh badan pesawat berbahan fiber, sehingga tidak mudah berkarat," ujar Ahmad, Rabu (18/1). Ia menuturkan, pihaknya mendapatkan bantuan dari Kementerian Pendidikan Nasional, untuk dapat merealisasikan sebuah pesawat karya 200 siswa ini.

Foke juga telah meminta Dinas Pendidikan DKI untuk mendorong sertifikasi semua produk yang dihasilkan SMK di Jakarta. "Saya sangat mendukung penggunaan produk dalam negeri buatan anak bangsa. Dan tidak meragukan kualitasnya. Contohnya, notebook yang saya gunakan saat ini buatan SMK," kata Fauzi Bowo menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement