Kamis, 12 Januari 2012, 16:54 WIB

Demontrasi Buruh, Robohkan Pagar Gedung DPR

Rep: Amri Amrullah/ Red: Chairul Akhmad
Republika
Gedung DPR
Gedung DPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kelompok Gabungan Sekretariat Bersama Petani Seluruh Indonesia dan Mahasiswa yang berdemonstrasi di depan gedung DPR-RI, Kamis (12/1), berhasil merobohkan pagar gedung DPR-RI.

Mereka menuntut pemerintah agar membubarkan Perhutani dan mengembalikan semua lahan petani yang telah diambil oleh perusahaan perkebunan. "Kami menuntut kepada perusahaan perkebunan agar mengembalikan tanah kami dan bubarkan Perhutani," teriak Korlap Serikat Petani Pasundan Tasikmalaya, Usep.

Para demonstran juga menuntut reformasi agraria bagi para buruh tani di seluruh Indonesia, dan meminta pemerintah tidak mengorbankan petani demi kepentingan pengusaha.

Aksi demonstrasi mereka berhasil merobohkan dua pagar gedung DPR, ketika demo semakin anarkis. Walau demikian, aparat kepolisian telah berjaga-jaga dengan dua buah mobil water canon di dalam kawasan gedung DPR. Seorang demonstran pun ditahan oleh pihak kepolisian karena dituding sebagai provokator.

Untuk mengantisipasi perobohan pagar lain di gedung DPR, aparat kepolisian melakukan negosiasi dengan pimpinan para demonstran. Akhirnya, demonstrasi yang sempat anarkis ini diredam dengan negosiasi antara pimpinan korlap dan aparat. Aksi demonstrasi ini masih berlangsung hingga petang nanti.