Kamis 29 Dec 2011 18:57 WIB

Pengunjung Puncak Monas Bakal Dibatasi

Monas
Foto: Antara/Genadi Adha
Monas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pada tahun 2012, pengelola Monumen Nasional (Monas) bakal menerapkan aturan baru bagi para pengunjung. "Per 1 Januari 2012, kita akan membuat aturan baru yaitu pembatasan pengunjung yang akan menuju pelataran puncak Monas," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas, Rini Hariyani, kepada wartawan, Kamis.

Pengunjung, yang ingin mencapai puncak Monas khusus di hari Sabtu dan Ahad, mulai awal Januari 2012 mendatang hanya diperbolehkan sampai dua ribu orang. Pembatasan bertujuan menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung.

''Kasihan warga yang datang berkunjung di hari Sabtu dan Minggu harus rela mengantre hingga dua jam lamanya," ujarnya

Khusus hari libur akhir pekan, pengunjung yang boleh mencapai puncak adalah perorangan dan bukan rombongan. Khusus rombongan yang ingin sampai ke puncak Monas itu dipersilakan datang pada hari Senin-Jumat. "Sedangkan, batas waktu tutup loket tidak ada perubahan yaitu pukul 15.00 WIB," tuturnya.

Jumlah pengunjung yang ingin menuju puncak pada hari Sabtu-Minggu berkisar 2.500 sampai lima ribu orang.

Bahkan pada perayaan Natal 2011, jumlah pengunjung mencapai 17 ribu jiwa. Pihaknya terpaksa menutup jam kunjungan pada libur Natal hingga pukul 19.30 WIB. ''Ya, kita kewalahan juga saat kunjungan membludak di Monas," ungkapnya.

Rini menambahkan jumlah kunjungan pada hari biasa di Monas berkisar antara 1.500 sampai dua ribu orang.

"Aturan ini sudah mulai disosialisasikan beberapa waktu terakhir. Kami berharap pengunjung dapat memahami aturan ini agar bisa menikmati liburan di Monas dengan nyaman," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement