Ahad 06 Nov 2011 15:21 WIB

Masjid Istiqlal Gelontorkan 10.000 Kupon Kurban

Rep: Nawang Fatma Putri/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Panitia kurban Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, akan menggelontorkan 10 ribu kupon kurban bagi para mustahik pada Lebaran Idul Adha 1432 H ini. Sebanyak 60 Sapi dan 28 Kambing yang telah dikumpulkan, rencananya akan disembelih mulai Ahad malam (6/11), selepas shalat Isya.

Jumlah ini menurut Bendahara Masjid Istiqlal, Purwantoro, meningkat tajam, dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2010 lalu, hanya ada 17 sapi dan 328 kambing yang disembelih di Masjid terbesar di Jakarta ini.

Pembagian hewan kurban yang diperkirakan berat keseluruhannya mencapai 10 ton tersebut rencananya akan dilakukan selesai Sholat Subuh, Senin (7/11). "Kita targetkan nanti akan ada 10 ribu kupon yang dibagikan.

Diperkirakan pukul 08.00 WIB, daging kurban sudah selesai dibagikan," kata Purwantoro, Ahad (6/11). Menurut Purwantoro, untuk menghindari terjadinya keributan, panitia nantinya akan langsung memberikan kupon untuk mengambil daging, di tempat pembagian hewan kurban. Para mustahik nantinya akan disuruh duduk, dan dibagikan makanan kecil.

Setelah itu, mereka pun akan dipanggil satu per satu untuk mengambil kupon, dan mengambil daging dengan berat 1 kilogram. "Jadi tak berdesak-desakan," ujar Purwantoro.

Tak hanya itu, panitia juga rencananya akan menyuruh para mustahik yang akan mengambil daging kurban untuk mencelupkan jari mereka ke dalam tinta, layaknya Pemilihan Umum (Pemilu), untuk menghindari kecurangan.

Purwantoro mengatakan, sistematika pembagian dengan cara pemberian kupon di tempat ini dinilai efektif. Ia juga menambahkan, selama ini sebenarnya tak pernah terjadi keributan. 'Kalau ada keributan, itu biasanya ada provokatornya," kata Purwantoro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement