Kamis 27 Oct 2011 19:00 WIB

Antisipasi Banjir, Tangsel Siapkan Tendon dan Drainase

Rep: Lingga Permesti/ Red: Chairul Akhmad

REPUBLIKA.CO.ID, TANGSEL – Guna mengantisipasi banjir, Dinas Pekerjaan Umum dan Binamarga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuat master plan drainase dengan konsep mengintegrasikan saluran pembuangan sekunder ke saluran pembuangan utama.

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PU dan Bina Tangsel, Djudianto, banjir di Tangsel akibat tidak terkoneksinya saluran pembuang yang ada. “Untuk sementara, penanganan banjir secara spasial yakni penanganan terhadap titik titik banjir dengan mencari saluran pembuangnya sampai ketemu saluran pembuang utama,” ujar Djudianto, Kamis (27/10).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Tangsel. Tangsel, Eddy Malonda, mengatakan pihaknya berupaya memaksimalkan pembuatan tendon di Tangsel.

Tendon ini berfungsi menampung air hujan dan diharapkan akan jadi solusi mengatasi banjir. “Air mengalir dan tendon akan menyerap air tanah,” ujar Malonda.

Rencananya, akan ada lima sampai enam tendon air yang akan dibangun. Salah satunya tandon yang disiapkan di Perumahan Bukit Pamulang Indah, Pamulang, Tangsel. “Membangun tendon dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Karena itu, untuk membangun ini, perlu kerjasama dari semua pihak,” kata Malonda.

Malonda berharap, hibah yang diterima Pemkot Tangsel Rp 2,5 miliar pada 2011 diharapkan dapat ditingkatkan lagi tahun depan. Peningkatan hibah digunakan untuk membangun tendon-tandon air di Kota Tangsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement