Kamis 06 Oct 2011 11:56 WIB

Ini Dia Konsep Depok Cyber City

Rep: Nur Farida/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Depok tahun 2016, menjadikan 'Depok Cyber City' merupakan salah satu program unggulan yang akan diwujudkan oleh pemerintah kota (pemkot) Depok dalam waktu dekat ini.

Menurut Kepala Bidang Pos Telekomunikasi dan Diseminasi Informasi (PTDI) Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) yang juga merangkap Pelaksana Lingkup Harian Dadang Supriyatna, Kamis (6/10) menjelaskan di kantornya, Depok Cyber City merupakan program pemerintah kota dalam bidang Teknologi Informasi (TI) yang bertujuan membantu masyarakat untuk mengenal dan menggunakan fasilitas internet secara gratis di lingkungan kota Depok.

Menuju Depok Cyber City ini, Diskominfo berencana membangun sejumlah fasilitas yang bisa mendukung terwujudnya impian ini. Antara lain dalam waktu dekat Pemkot Depok akan merealisasikan pembangunan 'gedung cyber.' Secara bertahap kedepannya pemkot Depok juga berencana mangadakan wi-fi di tiap kelurahan. Ditambah juga dengan adanya 'gedung cyber,' pemkot akan mengadakan workshop yang SDM-nya akan diadakan dengan cara menjalin kerjasama dengan beberapa universitas yang memiliki keahlian di bidang TI di kota Depok.

Menuju Depok Cyber City, saat ini pemkot melalui Diskominfo pun telah aktif melakukan kegiatan berupa perlombaan berkaitan dengan TI yang ditujukan bagi semua kalangan masyarakat. Tahun 2011, sebagai tahun digaungkannya Depok Cyber City, menuju perwujudan Depok Cyber City, Diskominfo telah dua kali mengadakan perlombaan yang bertujuan mengeluarkan kreativitas dan menciptakan inovasi dalam bidang TI. 

Pemkot dengan Diskominfo telah mengadakan lomba blog bekerjasama dengan universitas Gunadarma dan lomba terbaru mengenai 'mobile application festival.' "Antusiasme masyarakat mengikuti lomba-lomba ini pun sangat tinggi," ujar Kabid PTDI Diskominfo kota Depok Dadang Supriyatna.

Lomba ini juga sengaja diadakan untuk menjaring bakat anak-anak Depok dalam bidang teknologi informasi. Sekaligus juga bisa menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang mungkin berguna bagi perkembangan dunia teknologi.

Tahun depan pemkot Depok akan membangun 'gedung cyber.' Gedung ini nantinya diperuntukkan bagi komunitas-komunitas masyarakat yang ada di kota Depok yang memiliki kemauan mempelajari bidang Teknologi Informasi (TI). "Mulai dari komunitas user, blogger, mekanik, sampai programmer," ujar Dadang. Gedung ini juga akan dijadikan tempat kegiatan terpadu mengenai perkembangan teknologi.

Konsep Depok Cyber City yang bertujuan mempermudah masyarakat Depok mulai dari anak TK sampai ibu rumah tangga mengakses informasi apa saja dan dari mana saja. "Intinya mempermudah layanan publik melalui teknologi internet," ujar Dadang.

Untuk mewujudkan Depok Cyber City tentu bukan pekerjaan ringan bagi pemerintah kota Depok. Saat ini selain sibuk menyiapkan pembangunan 'gedung cyber,' Diskominfo sebagai dinas terkait pemegang tugas secara maksimal mengerjakan perekaman data dan jaringan untuk mempersiapkan terwujudnya Depok Cyber City. "Mudah-mudahan masyarakat bisa merasakan Depok Cyber City," ujar Dadang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement