Wednesday, 22 Zulqaidah 1435 / 17 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Lomba 17-an di Bulan Puasa: Lomba Marawis

Friday, 19 August 2011, 13:07 WIB
Komentar : 1

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Memang ada yang dirasakan berbeda dari hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-66 pada tahun ini. Kali ini hari kemerdekaan Indonesia juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Dalam tradisi yang selalu di lakukan masyarakat Indonesia dalam merayakan kemerdekaan adalah mengadakan perlombaan seperti panjat pinang dan lomba makan kerupuk. Ingin mempertahankan tradisi tersebut salah satu pusat perbelanjaan yang ada di kota Bogor pada Rabu (17/8) mengadakan sebuah perlombaan marawis.

Dengan mengambil tema 'Suara Kirana' Botani Square Mall Bogor dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan juga dalam rangka merayakan 17-an mengadakan sebuah perlombaan marawis. Promotion Botani Square Mall Viona Dewi Kristalina mengatakan perlombaan marawis tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan pada Ramadhan tahun ini.

Ia menjelaskan peserta telah mendaftar dua minggu sebelum perlombaan, dari pendaftaran tersebut ada 10 grup yang akan berkompetisi. Peserta perlombaan marawis yang rata-rata berumur 10 hingga 17 tahun itu tampil sangat memukau, para peserta yang umumnya memang warga masyarakat mall juga membawa rombongan untuk mendukungnya.

Suara teriakan dan tepuk tanganpun terus terdengar sepanjang berjalannya acara yang dimulai sejak pukul 13.00 hingga 18.00 WIB. Para peserta yang tampil dinilai oleh tiga dewan juri, penilaian tersebut dilihat dari segi suara, permainan alat musik, dan juga costum.

Banyak kostum yang digunakan peserta memang terlihat sangat unik dan terlihat sangat kompak. Viona mengatakan untuk menjaga keamanan pada saat acara berlangsung maka ada dua polisi yang mengamankan acara tersebut.

Bripka Nurudin Zuhri mengatakan Botani Square Mall dengan kepolisian Polsek Bogor Tengah telah melakukan kerja sama untuk mengamankan mall sehingga pengunjung tidak perlu merasa khawatir lagi. Ia juga mengatakan walaupun ada pengawasan dari kepolisian ia berharaap pengunjung agar selalu berhati-hati dengan menjaga barang bawaannya.

Perlombaan marawis tersebut juga dihibur oleh salah satu grup band kenamaan di Indonesia yaitu Jikustik.
 Salah satu penonton Nurhayati (42 Tahun) mengatakan ia memang sengaja datang untuk mendukung salah satu peserta. Menurut dia perlombaan marawis kali ini sangat ramai hanya saja tempat berlangsungnya acara kurang luas sehingga penonton terlihat berhimpit-himpitan.


Reporter : C16
Redaktur : Djibril Muhammad
Apabila Allah memberikan kenikmatan kepada seseorang hendaknya dia pergunakan pertama kali untuk dirinya dan keluarganya.((HR. Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Atasi Masalah Grafiti, ini Cara Kreatif Washington DC
WASHINGTON --  Kota besar seperti ibukota Amerika Serikat, Washington DC, juga menghadapi masalah graffiti karena semakin banyaknya dinding gedung dan tempat umum yang...