Jumat 19 Aug 2011 09:25 WIB

Pemerintah DKI Gelar Gebyar 50 Tahun Monas

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: cr01
Monumen Nasional (Monas) di Jakarta.
Foto: edypurwa150673.wordpress.com
Monumen Nasional (Monas) di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tahun ini, Monumen Nasional (Monas) memasuki usia 50 tahun. Untuk itu, Dinas Pariwisata dan Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Monas menyelenggarakan kegiatan Gebyar Monas. Kegiatan ini dilangsungkan mulai 18 Agustus hingga 28 Oktober mendatang.

Dengan mengangkat tema "Monumen Nasional Ikon Bangsa", Gebyar Monas diwujudkan melalui kegiatan lomba foto Monas, lomba mewarnai dan menggambar Monas, pameran foto, seminar serta fun bike dan jalan sehat. Penyelenggaraan lima kegiatan ini bertujuan mengembangkan bakat dan keterampilan melalui lomba sera membangun citra Monas.

"Monas ini bukan hanya sebagai ikon Jakarta, tetapi juga menjadi ikon nasional," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budhiman, Kamis (18/8). Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan warga terhadap Tugu Nasional ini.

Setiap lomba terbuka untuk umum. Lomba foto "Monumen Nasional Milik Bangsa Indonesia" akan diselenggarakan selama satu bulan pemotretan. Yakni mulai tanggal 18 Agustus, dengan teknis sudut bebas dari berbagai sudut (udara, gedung, kendaraan dan sebagainya). Karya foto diterima paling lambat 16 September mendatang. Total hadiah dari lomba ini sebesar Rp 20.750.000. Pengumuman pemenang lomba akan dilakukan pada 25 September, bersamaan dengan acara fun bike dan jalan sehat.

Untuk lomba mewarnai dan lukis "Aku Cinta Monas" akan diselenggarakan pada 18 September mulai pukul 07.00 WIB di Plaza Monas. Lomba ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu lomba mewarnai untuk kelas satu hingga tiga sekolah dasar, dan lomba lukis untuk kelas empat hingga enam dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp 8.250.000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement