Kamis 18 Aug 2011 10:14 WIB

Tenang...Tiket KA Ekonomi Masih Tersedia Banyak

Rep: c27/ Red: Siwi Tri Puji B
Arus mudik di stasiun kereta api senen tahun lalu
Foto: Edwin/Republika
Arus mudik di stasiun kereta api senen tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tiket ekonomi untuk semua tujuan dengan keberangkatan dari Jakarta masih banyak tersedia. Selasa (18/8) hingga pukul 08:10, jumlah pemesan tiket ekonomi di stasiun Jatinegara untuk keberangkatan tanggal 23 hingga tanggal 25 Agustus adalah sebanyak 374 penumpang. Loket mudik mulai dibuka pada tanggal 17 Agustus untuk keberangkatan tanggal 23 dan 24 Agustus.

Jumlah tersebut untuk keberangkatan kereta ekonomi semua jurusan, ungkap Akyadi, staf tiketing PT Kereta Api. Para pembeli tiket sudah mengantre dari pukul 07.00. "Semua loket serentak buka pukul 07.00," ujarnya. Satu orang pengantre maksimal membeli empat tiket.

"Biasanya penumpang ekonomi akan mulai membeli tiket pada H-5," ujarnya. Penumpang kereta ekonomi diprediksikan akan mulai mudik pada tanggal 27 Agustus, ujarnya pada Republika.

Harga tiket ekonomi tidak akan mengalami kenaikan atau penurunan. "Harganya flat karena telah disubsidi oleh pemerintah," jelasnya. Harga tiket ekonomi yang paling murah adalah Rp 15 ribu untuk jurusan Cirebon dengan pemberangkatan dari Tegal Arum. Dan tiket ekonomi paling mahal adalah Rp 51 ribu untuk jurusan Jakarta - Surabaya.

Tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, semua kereta ekonomi berangkat dari stasiun pemberangkatan awal kereta api, tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. "Tujuannya adalah agar semua penumpang bisa terdata dan jika ada kelebihan penumpang bisa tambah gerbong," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement