Monday, 2 Safar 1436 / 24 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Manfaat e-KTP: Cegah Identitas Ganda

Monday, 25 July 2011, 12:28 WIB
Komentar : 0
KTP
KTP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  - DKI Jakarta siap menerapkan e-KTP. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Purba Hutapea mengatakan, dengan pembuatan e-KTP itu tidak akan ada lagi KTP ganda atau dipalsukan.

Dengan e-KTP data kependudukan jadi akurat, termasuk untuk kepentingan yang berkaitan dengan Pemilu atau Pilkada dan Pilgub. "Hingga kini di DKI Jakarta diperkirakan terdapat sekitar 250 ribu KTP ganda. Sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2006 warga yang memiliki KTP ganda dapat dikenakan denda Rp 25 juta atau kurungan dua tahun penjara," kata Hutapea.

Menurut Hutapea, perangkat untuk pembuatan KTP ekelktronik tersebut memerlukan daya listrik tinggi, sementara di kantor kelurahan daya listriknya terbatas.

Karena itu, PLN akan segera menambah daya listrik di setiap kantor lurah. Selama empat bulan biaya penggunaan daya listrik itu ditanggung oleh Dinas Dukcapil DKI, ujarnya.

Untuk pemanggilan kepada warga, Dinas Dukcapil telah menyiapkan undangan dan akan segera dikirim kepada lurah untuk disampaikan secara sistematis kepada warga.

Hutapea mengatakan, beban petugas memang cukup berat, karena satu unit alat e-KTP itu harus dapat melayani 150 warga/hari. iperkirakan untuk dapat melayani 150 warga/hari dibutuhkan waktu sekitar 12,5 jam. " Jadi memang harus lembur," ujarnya.

Redaktur : Siwi Tri Puji B
Sumber : Antara
Ada seorang lelaki berkata kepada Nabi SAW: "Berilah aku nasihat!" Beliau menjawab: "Jangan marah" Orang itu berulangkali meminta supaya dirinya dinasihati, maka Rasulullah SAW tetap mengatakan: "Jangan marah!" (HR. Bukhari)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Keren, Ada Aplikasi untuk Mengatur Usaha Kecil Anda
NEW YORK -- Baru-baru ini, jaringan kedai kopi Starbucks mengklaim unggul dalam pembayaran lewat aplikasi ponsel dengan 7 juta transaksi seminggu. Tetapi UKM...