Jumat, 18 Jumadil Akhir 1435 / 18 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Jika Terjadi Kebakaran, Rumah Sakit Paling Beresiko Telan Korban Jiwa

Rabu, 20 Juli 2011, 15:05 WIB
Komentar : 0
Antara/Yusran Uccang
Kebakaran (ilustrasi)
Kebakaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Rumah sakit dinilai Kepala Seksi Operasional, Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Ahmad Lapin, beresiko tinggi menimbulkan korban jiwa saat terbakar. Sebab, rumah sakit menyimpan benda-benda mudah terbakar dan beradiasi tinggi.

"Saya tidak bermaksud membandingkan. Tapi, rumah sakit memang beresiko tinggi menimbulkan korban jiwa saat terbakar. Apalagi, adanya tingkat kepadatan dan benda-benda mudah terbakar yang disimpan rumah sakit," papar dia kepada republika.co.id disela acara 'Latihan Penanggulanggan Kebakaran' yang berlangsung di RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (20/7).

Selain itu, kata Ahmad, penghuni rumah sakit itu sebagian besar pasien yang tengah menjalani perawatan. Karena itu, evakuasi yang dilakukan tentu akan berbeda dengan penanganan kebakaran yang terjadi di pasar, pemukiman, hotel atau tempat wisata. "Jelas lebih rumit. Apalagi, dalam proses kebakaran itu, segala hal dapat terjadi," kata dia.

Untuk itu, kata Ahmad, pihak rumah sakit perlu memperhatikan standar operasi penangangan di dalam lingkungan rumah sakit. Salah satunya mempersiapkan Tim Kemitraan, Kesehatan dan Keselamatan rumah sakit. Sebab, kehadiran Tim K3 berperan penting dalam penanganan pertama. Di samping itu, pihak rumah sakit juga perlu menyediakan ruang bagi unit pemadam untuk masuk dalam lingkungan rumah sakit.

"Kami mengharapkan pihak rumah sakit secara rutin melatih kesiapan tim dan seluruh penghuni rumah sakit untuk belajar menghadapi situasi kebakaran," kata dia.

Ditanya soal kesiapan seluruh rumah sakit di Jakarta, Ahmad mengatakan setiap rumah sakit tentu memiliki standar operasi yang telah ditetapkan. Akan tetapi, standar operasi itu bila tidak dilatih akan beresiko. Sebabnya, perlu bagi rumah sakit untuk dapat menjadwalkan secara rutin guna mematangkan operasi sistem penanggulangan peristiwa kebakaran yang melanda rumah sakit.

Reporter : Agung Sasongko
Redaktur : Didi Purwadi
Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Baqarah [2]:110)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar