Rabu 25 May 2022 01:43 WIB

Departemen Luar Negeri Filipina Permudah Pembuatan Paspor Haji

Kemudahan membuat paspor haji untuk kalangan tertentu.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Sholat di Masjidil Haram tanpa jarak antarjamaah. Departemen Luar Negeri Filipina Permudah Pembuatan Paspor Haji
Foto: Saudi Gazette
Sholat di Masjidil Haram tanpa jarak antarjamaah. Departemen Luar Negeri Filipina Permudah Pembuatan Paspor Haji

IHRAM.CO.ID, MANILA -- Menurut Departemen Luar Negeri (DFA) Filipina, Muslim yang berniat melakukan haji tahun ini dapat memproses paspor mereka melalui jalur khusus (courtesy lane) di semua kantor konsulernya secara nasional.

 

Baca Juga

“DFA akan membantu warga Muslim Filipina yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini mendapatkan paspor reguler mereka melalui courtesy lane. Seperti yang saya katakan, kami menemukan cara,” kata Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin Jr. di Twitter.

 

Menurut DFA, courtesy lane untuk warga lanjut usia, wanita hamil, orang tua tunggal, penyandang disabilitas, anak di bawah umur tujuh tahun ke bawah, dan pekerja Filipina di luar negeri. Dilansir CNN, Ahad (13/3/2022) Departemen Luar Negeri telah membuka courtesy lane bagi pemohon paspor yang sepenuhnya divaksinasi dan memenuhi syarat mulai 14 Maret.

Dengan courtesy lane, mereka yang memenuhi syarat bisa mendapatkan atau memperbarui paspor Filipina tanpa perlu membuat janji online. Dalam pernyataan terpisah, DFA mengatakan pelamar Muslim Filipina akan memenuhi syarat untuk mendapatkan akomodasi langsung di jalur kehormatan DFA mulai 23 Mei hingga 3 Juni.

 

Selain itu, dilansir Inquirer, Senin (23/5/2022) persyaratan reguler untuk penerbitan paspor, pemohon harus menunjukkan sertifikat keanggotaan suku Muslim Filipina yang dikeluarkan oleh Komisi Nasional Muslim Filipina. Sertifikat tersebut untuk aplikasi visa haji.

 

Pemerintah Arab Saudi sebelumnya mengatakan akan mengizinkan satu juta Muslim dari dalam dan luar negeri berpartisipasi dalam haji tahun ini.

 

Ibadah haji, yang akan berlangsung pada Juli, akan dibatasi untuk Muslim yang divaksinasi di bawah usia 65 tahun. Mereka juga akan diminta menyerahkan hasil PCR Covid-19 negatif dari tes yang diambil dalam waktu 72 jam perjalanan.

https://newsinfo.inquirer.net/1601166/courtesy-lane-for-hajj-bound-filipino-muslims

https://www.cnnphilippines.com/news/2022/3/13/dfa-passport-application-courtesy-lane.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement