Ahad 01 May 2022 05:37 WIB

Tanda Kamar Hotel Penuh dengan Kutu Busuk

Bercak darah di kasur hotel bisa jadi tanda adanya kutu busuk.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda kamar hotel penuh dengan kutu busuk. (ilustrasi)
Foto: 1
Tanda kamar hotel penuh dengan kutu busuk. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menginap atau staycation di hotel memang terasa menyenangkan. Namun bagaimanapun selalu ada risiko yang tidak diinginkan termasuk adanya kutu busuk. 

Para ahli dari MattressNextDay membagikan cara mengenali kutu busuk. Seorang juru bicara MattressNextDay menekankan pentingnya mengenali tanda-tanda kutu sedari dini agar tidak merusak liburan dan pada akhirnya tidak memengaruhi kesehatan. 

Dilansir di laman Express pada akhir April, berikut tanda adanya kutu busuk menurut MattressNextDay:

1. Darah

Salah satu tanda pertama yang mungkin terlihat adalah bercak darah di kasur hotel. Ketika serangga tergencet, mereka akan melepaskan banyak darah, terutama di sekitar jahitan kasur, di mana mereka cenderung bersembunyi.

“Semakin lama mereka berada di sana, warna bintik-bintik ini akan terlihat agak berkarat. Pastikan kedua sisi kasur bebas dari noda darah sebelum Anda tempati,” kata juru bicara tersebut.

2. Telur

Mungkin terdengar jelas bahwa bercak telur akan menjadi tanda infestasi serangga, tetapi serangganya sendiri tidak selalu bersembunyi di depan mata. Menurut MattressNextDay, telurnya kecil-kecil dan bisa ditemukan di banyak tempat, tidak hanya di kasur. Biasanya telur itu memiliki lebar sekitar satu milimeter dan sering kali berwarna kuning pucat.

"Jika Anda menemukan telur, itu bisa berarti kutu busuk masih hidup dan ini harus segera dilaporkan,” saran jubir MattressNextDay.

3. Bau apek

Jika area kamar tidur memiliki bau yang kuat, apek, dan tidak sedap, ini mungkin berasal dari kelenjar aroma kutu busuk. Jadi, hati-hatilah ketika masuk ke kamar hotel yang bau dan periksa juga tanda-tanda lain.

4. Bintik-bintik gelap di dinding

Meskipun tanda ini tidak terlalu umum, kutu busuk juga dapat meninggalkan noda di dinding. Jika Anda melihat ada bintik hitam, ini bisa jadi kotoran kutu busuk. Pastikan Anda tidak menyentuh area yang terkena dampak dan segera beritahu staf hotel atau apartemen.

5. Cangkang serangga

Sama seperti banyak makhluk lain, serangga berganti kulit begitu mereka mulai tumbuh. Saat mencoba mengidentifikasi cangkang, Anda harus mencari bintik kecil seperti kulit yang bisa pecah jika tergencet.

6. Sprei usang

Sprei lama yang mungkin belum dibersihkan secara menyeluruh atau mungkin bekas pakai bisa menjadi rumah bagi kutu busuk. Jika Anda menempati hotel tua, sebaiknya periksa kembali kain dan perabotannya sebelum menginap.

7. Bintik-bintik putih pada furnitur

Kutu busuk juga suka bertelur di furnitur dan kasur. Ini akan terlihat seperti kumpulan bintik-bintik putih kecil dari kejauhan.

8. Gigitan

Jika Anda tidak merasakan gigitan secara langsung, namun terbangun dengan bintik kecil, merah dan gatal, ini bisa jadi disebabkan kutu busuk. Gigitannya akan sering membentuk garis lurus di bagian tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement