Kamis, 22 Zulqaidah 1437 / 25 Agustus 2016
find us on : 
  Login |  Register
Jumat, 20 Juli 2012, 11:17 WIB

Hukum Ziarah Kubur Jelang Ramadhan

Red: Hafidz Muftisany
Republika/Aditya Pradana Putra
   Ziarah kubur menjadi tradisi bagi umat Muslim di Tanah Air yang dilakukan dengan mendoakan para pendahulu mereka menjelang bulan suci Ramadhan.
Ziarah kubur menjadi tradisi bagi umat Muslim di Tanah Air yang dilakukan dengan mendoakan para pendahulu mereka menjelang bulan suci Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,

Assalamualaikum

Ustadz,  setiap tahun jelang ramadhan ini keluarga saya melakukan ziarah dan membersihkan kubur kakek-nenek. Dan itu juga dilakukan keluarga besar kami. Apakah ziarah kubur menjelang ramadhan itu ada hukumnya?

Andi Bandung

Jawaban:
Sayang sekali ternyata kami belum dan bahkan mungkin tidak akan menemukan dalil yang menganjurkan untuk berziarah kubur berkaitan dengan kedatangan bulan Ramadhan.

Yang ada hanyalah anjuran untuk berziarah kubur secara umum  dan tanpa batasan waktu atau waktu istimewa yang lebih afdhal dalam melakukannya, karena fungsinya mengingatkan kita kepada kematian. Jadi boleh kapan saja, tidak harus menjelang masuknya bulan Ramadhan.

Fenomena ziarah kubur menjelang Ramadan  terjadi begitu saja, tanpa ada ulama yang menganjurkan, memberikan arahan dan penjelasan, kemudian menjadi tradisi yang turun temurun.

Wallahu a’lam bishshawab

Ust. Tajuddin Pogo, Lc, MH

 


Rubrik tanya jawab ini diasuh oleh Ikatan Da'i Indonesia (Ikadi). Kirim pertanyaan Anda ke: ustadzsiaga@rol.republika.co.id

Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)