Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register
Rabu, 24 Agustus 2011, 12:00 WIB

Mimpi Basah Sehabis Subuh

Ilustrasi
A+ | Reset | A-

Tanya:

Assalammualaikum wr,wb.
 
Ustadz aku mau Tanya, bagaimana hukumnya puasa kita apabila kita mengalami mimpi basah pada waktu sehabis subuh. Apakah sah puasa kita atau tidak ?
 
Wassalam
 
Hendra


Jawab:

Waalaikumussalam wr.wb.

Saudara Hendra yang dimuliakan Allah.

Jika seorang bermimpi 'basah' di saat ia berpuasa, baik mimpi tersebut setelah shubuh, di siang hari ataupun sorenya, puasanya tetap sah. Karena mimpi 'basah' bukanlah hal yang membatalkan puasa.

Dari hadits yang diiriwayatkan oleh Aisyah RA dan Ummu Salamah RA bahwa Rasulullah SAW mendapatkan waktu fajar, sedangkan beliau (Rasulullah) dalam keadaan junub di rumah keluarga beliau kemudian beliau mandi dan berpuasa. (HR. Bukhori dan Muslim)


Wallahu a'lam bishowab.

Ust. H. Zulhamdi M. Saad, Lc

 

Rubrik tanya jawab Ramadhan ini diasuh oleh Ikatan Da'i Indonesia (Ikadi). Kirim pertanyaan Anda ke: ustadzsiaga@rol.republika.co.id

 

 

Redaktur : Johar Arif
2.959 reads
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)
Topik: Salam Ramadhan
Tweet: #RAMADHANwithROL