Thursday, 8 Zulhijjah 1435 / 02 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Puasa bagi Ibu Menyusui

Tuesday, 10 August 2010, 21:15 WIB
Komentar : 0

Pertanyaan

Apa hukum berpuasa di bulan Ramadhan bagi ibu yang menyusui menurut al-Quran/hadis? Kalau tidak puasa, apakah cukup diqadha saja?
+6285220109xxx


Jawaban

Ibu yang sedang menyusui anaknya yang usia kurang dari dua tahun, boleh tidak berpuasa Ramadhan, tapi wajib menggantinya dengan qadha atau fidyah. Qadhanya disamakan dengan orang yang sakit. Fidyah disamakan dengan orang yang tidak kuat puasa (QS. al-Baqarah [2]: 184).

KH  Hilman Rosyad Syihab, Lc

Redaktur : Slamet Riyanto
Tahukah engkau apa yang menghancurkan Islam?” Ia (Ziyad) berkata, aku menjawab, “Tidak tahu.” Umar bin Khattab RA berkata, “Yang menghancurkan Islam adalah penyimpangan orang berilmu, bantahan orang munafik terhadap Alquran, dan hukum (keputusan) para pemimpin yang menyesatkan.”(Riwayat Ad-Darimi, dan berkata Syaikh Husain Asad: isnadnya shahih))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar