Tuesday, 28 Zulqaidah 1435 / 23 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Puasa bagi Ibu Menyusui

Tuesday, 10 August 2010, 21:15 WIB
Komentar : 0

Pertanyaan

Apa hukum berpuasa di bulan Ramadhan bagi ibu yang menyusui menurut al-Quran/hadis? Kalau tidak puasa, apakah cukup diqadha saja?
+6285220109xxx


Jawaban

Ibu yang sedang menyusui anaknya yang usia kurang dari dua tahun, boleh tidak berpuasa Ramadhan, tapi wajib menggantinya dengan qadha atau fidyah. Qadhanya disamakan dengan orang yang sakit. Fidyah disamakan dengan orang yang tidak kuat puasa (QS. al-Baqarah [2]: 184).

KH  Hilman Rosyad Syihab, Lc

Redaktur : Slamet Riyanto
Sesungguhnya seorang pemimpin itu merupakan perisai, rakyat akan berperang di belakang serta berlindung dengannya. Bila ia memerintah untuk takwa kepada Allah azza wa jalla serta bertindak adil, maka ia akan memperoleh pahala. Namun bila ia memerintah dengan selainnya, maka ia akan mendapatkan akibatnya.(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar