Sabtu, 27 Zulqaidah 1438 / 19 Agustus 2017
find us on : 
  Login |  Register
Jumat , 24 Juni 2016, 09:10 WIB

Ini Waktu Tepat Berolahraga Saat Berpuasa

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Damanhuri Zuhri
EPA
Bersepeda (ilustrasi)
Bersepeda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada larangan bagi mereka yang sedang berpuasa untuk berolahraga. Namun sebaiknya, hendaklah memilih waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan menyehatkan ini. Kelas bersepeda dalam ruangan, RIDE Jakarta, berbagi tips bagaimana cara berolahraga saat puasa yang dapat menyegarkan badan.

Olahraga sebaiknya dijalankan sore hari ketika menunggu berbuka. Bisa lari-lari kecil atau bersepeda sambil menunggu datang adzan Maghrib. Begitu pentingnya menjalani olahraga saat puasa, namun yang perlu diperhatikan yaitu harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Jadi perhatikan jenis olahraga yang dijalani, waktu dan durasinya.

"Waktu terbaik untuk berolahraga, baik olahraga kardio maupun latihan beban adalah kira-kira satu jam sebelum waktu berbuka puasa," tulis RIDE Jakarta dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, baru-baru ini.

Bagi Anda yang ingin mengurangi lemak tubuh, kardio di waktu ini sangat dianjurkan, karena tubuh Anda sudah teradaptasi lebih baik dalam membakar lemak. Begitu pun Anda yang nge-gym karena dapat segera memulihkan tubuh dengan mengkonsumsi protein dan karbohidrat yang cukup.

Tidak hanya itu, waktu-waktu sebelum buka puasa adalah waktu yang paling optimal untuk membentuk otot karena kadar testosterone dalam tubuh Anda paling tinggi di waktu tersebut. Cara olahraga saat puasa ini bisa menjadi masukan bagi Anda.

Dengan berolahraga, puasa yang dijalani juga akan terasa menyenangkan. Tubuh akan tetap bugar meskipun Anda sedang berpuasa. Yang perlu Anda ingat adalah asupan karbohidrat yang cukup pada saat jeda sebelum berolah raga atau setelah berolahraga.

"Air kelapa, pisang atau kurma cukup ringan untuk Anda konsumsi selama puasa dan cukup memberikan asupan karbohidrat, mengingat kecenderungan perut akan lebih cepat merasa kenyang jika Anda mengonsumsi makanan yang lebih berat," tulis RIDE Jakarta lagi.


Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)