Home > >
Kamis , 15 June 2017, 00:00 WIB

Perhatikan Hal Ini Saat Mudik Bersama Keluarga

Red: Gita Amanda
dok Traveloka
Ilustrasi mudik.
Ilustrasi mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID,Mudik dan Lebaran merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan. Bagi yang malas bermacet-macetan atau membawa serta anak saat mudik, tentu moda transportasi umum seperti pesawat kerap menjadi pilihan.

Kegiatan mudik tentu akan semakin seru jika dilakukan bersama-sama, baik dengan keluarga maupun rekan-rekan satu kampung halaman. Mudik massal ini bisa mempererat hubungan antara satu orang dan yang lainnya.

Untuk membuat mudik "rombongan" semakin seru, perencanaan perjalanan menjadi kunci penting agar perjalanan berjalan lancar. Perencanaan mudik yang matang ini akan membuat kegiatan mudik bersama kian nyaman dan menyenangkan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mudik bersama rombongan naik pesawat terbang:

1. Pemesanan Tiket

Bagi pemudik yang menggunakan pesawat, pemesanan tiket tentu tak boleh dilewatkan. Hal ini akan semakin krusial jika ingin mudik secara "rombongan". Guna meminimalisasi kesalahan pemesanan atau pembelian tiket ganda, ada baiknya menunjuk satu orang untuk melakukan tugas ini.

Orang yang ditunjuk bertugas memesan tiket untuk pemberangkatan. Jika anggota rombongan mudik berencana pulang di waktu yang sama, ada baiknya sekaligus memesan tiket kepulangan. Hal ini dapat membuat para anggota yang turut serta mudik merasa tenang karena telah memiliki tiket.

Pemesanan tiket juga sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Cara ini bertujuan untuk mengantisipasi mahalnya harga tiket atau malah kehabisan tiket. Idealnya, tiket pesawat untuk mudik Lebaran dipesan pada awal Ramadhan atau tiga pekan sebelum keberangkatan.


2. Siapkan identitas pemudik

Identitas pemudik diperlukan saat pemesanan tiket. Pastikan semua orang yang akan berangkat bersama mengumpulkan data diri sesuai kartu identitasnya kepada satu orang saja.

Cara ini bisa dilakukan setidaknya seminggu sebelum memesan tiket karena mungkin saja ada anggota keluarga atau kerabat yang sedang sulit dihubungi.

Hal ini diperlukan untuk memudahkan pengisian identitas dan menghindari kesalahan memasukkan data saat memesan tiket pesawat. Memberikan fotokopi identitas akan lebih baik supaya orang yang memesan tiket dapat memasukkan data identitas dengan tepat dan cepat. Kartu identitas yang digunakan bisa berupa kartu tanda penduduk (KTP) atau paspor.


3. Pemilihan lokasi dan jadwal keberangkatan

Pastikan untuk memilih lokasi bandara dan jadwal keberangkatan yang bisa dijangkau dengan mudah oleh semua orang dalam rombongan. Hal ini penting, terutama di hari keberangkatan mudik karena biasanya bandara jauh lebih padat.

Penentuan jam dan tempat berkumpul di bandara juga penting dilakukan agar tidak saling mencari di bandara. Pilihlah satu lokasi yang familiar dan mudah ditemui seluruh anggota rombongan yang akan mudik, misalnya, di sebuah restoran yang ada di dalam bandara.

Selain itu, jangan lupa melakukan check-in, jika bisa dilakukan secara online akan lebih baik. Pastikan pula setiap anggota telah memegang bukti tiket pesawat dan kartu identitas masing-masing.


4. Meminimalisasi risiko gagal berangkat

Mudik bersama-sama alias rombongan memang membuat perjalanan kian menyenangkan. Hanya saja keberangkatan secara berkelompok ini memiliki potensi tinggi gagal dalam keberangkatan karena  tak semua orang memiliki jadwal yang sama. Untuk mengantisipasi hal ini, pemesanan tiket pesawat sebelumnya bisa melalui Traveloka.

Situs booking tersebut memiliki layanan Online Refund atau pengembalian uang jika pembeli ingin membatalkan jadwal keberangkatan atau kepulangan. Jumlah pengembalian tergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Pengembalian uang akan diproses dalam waktu 30 hari setelah permohonan diajukan.

Layanan Refund akan memudahkan setiap orang yang ingin membatalkan jadwal penerbangan mudik tanpa harus repot menghubungi langsung maskapainya. Selain Online Refund, para pemudik yang memesan tiket pesawat di Traveloka bisa juga memanfaatkan Flight Reminder, Price Alerts, Easy Reschedule, dan Multiple Payment Methods untuk memudahkan kebutuhan perjalanan mudik Lebaran.

Setelah memperhatikan keempat poin di atas, mudik pun siap dilakukan. Pastikan identitas anggota rombongan mudik sudah terkumpul dan tiket dipesan di situs booking yang memiliki layanan dan fitur yang bisa diandalkan untuk perjalanan pulang ke kampung halaman, serta membawa tiket dan kartu identitas saat check-in di bandara.

Selamat mudik dan Lebaran bersama keluarga!