Monday, 3 Safar 1439 / 23 October 2017
find us on : 
  Login |  Register
Ahad , 11 June 2017, 20:10 WIB

Ratusan Pelajar Semarakkan Lomba Tahfidz MAF Cup II

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Didi Purwadi
istimewa
Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Musholla Abdulrahman Fakhroo (MAF) menggelar Tabligh Akbar dan Lomba Tahfidz MAF Cup II di MAF, Bukit Cimanggu City, Kota Bogor, pada 11-18 Juni 2017.
Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Musholla Abdulrahman Fakhroo (MAF) menggelar Tabligh Akbar dan Lomba Tahfidz MAF Cup II di MAF, Bukit Cimanggu City, Kota Bogor, pada 11-18 Juni 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Panitia Syiar Ramadhan 1438 Hijriyah dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Musholla Abdulrahman Fakhroo (MAF) menggelar Tabligh Akbar dan Lomba Tahfidz MAF Cup II. Ratusan peserta dari berbagai kalangan pelajar mengikuti lomba tahfidz yang diselenggarakan di MAF, Bukit Cimanggu City, Kota Bogor pada 11-18 Juni 2017.

Wakil Ketua DKM Musholla Abdulrahman Fakhroo, Suhono mengatakan, tujuan penyelenggaraan Lomba Tahfidz MAF Cup II agar anak-anak hafal Alquran. Kedepannya, diharapkan anak-anak tidak hanya bisa menghafal Alquran saja, tapi juga bisa mengamalkan pesan dan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari mereka.

"Sehingga Alquran bisa menjadi benteng untuk anak-anak menjalani kehidupannya di dunia," kata Suhono kepada Republika.co.id, Ahad (11/6).

Ia menerangkan, tema besar Ramadhan tahun ini yang diusung DKM Musholla Abdulrahman Fakhroo adalah Generasi Millenial dan Generasi Qurani. Dia menerangkan arti dari tema tersebut. Menurutnya, anak-anak generasi millenial yang hidup di zaman sekarang perlu menguasai ilmu dan teknologi. Tapi, disamping itu, mereka juga harus tetap menjaga akidah dan syariah Islam.

"Anak-anak tidak ketinggalan teknologi, tapi pondasinya dan landasannya (syariat Islam) juga harus tetap dipertahankan," ujarnya.

Ada enam kategori yang dilombakan pada Lomba Tahfidz MAF Cup II. Lima kategori untuk umum dan satu kategori untuk internal. Peserta umum berasal dari beberapa kota dan kabupaten di sekitar Kota Bogor. Peserta internal berasal dari lingkungan Musholla Abdulrahman Fakhroo.

Suhono menerangkan, untuk kategori umum pesertanya dari kelas 1 Sekolah Dasar (SD) sampai kelas 3 Sekolah Menengah Atas (SMA). Sementara, untuk internal pesertanya dari kalangan balita dan anak-anak. Tetapi, sebelumnya mereka sudah belajar di Rumah Tahfidz MAF.

"Untuk kategori umum sudah ada 136 pendaftar Lomba Tahfidz, untuk internal sudah ada 32 orang pendaftar," jelasnya.
Di kategori umum terdapat lomba hafalan Juz 30 untuk kelas 1-3 SD. Lomba hafalan Juz 30 untuk kelas 4-6 SD. Lomba hafalan Juz 29-30 untuk kelas 1-6 SD. Lomba Hafalan Juz 29-30 untuk kelas 7-9 SMP. Lomba Hafalan Juz 28-30 untuk kelas 10-12 SMA. Yang terakhir lomba hafalan Alquran untuk internal Rumah Tahfidz.

Berita Terkait

 

Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur(HR. Thabrani)