Kamis, 8 Zulhijjah 1435 / 02 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register
Senin, 30 Juli 2012, 23:24 WIB

Ramadhan Tiba, Warga Non-Muslim Turki Gembira

Muslim Turki (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Ramadhan memang bulan penuh berkah. Tak hanya untu umat Islam saja, tapi juga warga non muslim ternyata juga menyambut gembira bulan yang dinantikan umat muslim seluruh dunia tersebut. Warga non muslim di Turki contohnya.

Di 'negeri dua benua' tersebut, Ramadhan milik semua orang. Tak hanya umat muslim saja yang gembira menyambut bulan dimana Alquran diturunkan, warga non muslim Turki mengaku menjalani Ramadhan dengan Muslim Turki seperti satu keluarga.

Contohnya Roberta Olson Ozgunduz, warga Amerika Serikat yang menikah dengan pria Turki dan sudah tinggal di Istanbul sejak 1980-an. “Ramadhan, bagi saya, adalah waktu perayaan seperti Thanksgiving (hari mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur di akhir musim panen) di Amerika, selama 30 hari berturut-turut,” kata Ozgunduz.

Seperti dinukil onislam.net, kebiasaan-kebiasaan umat muslim selama Ramadhan pun menular kepada warga non muslim. Tapi, Ozgunduz menyebut dirinya senang bisa ikut terlibat dalam kebiasan tersebut. Salah satu kebiasaan tersebut adalah munculnya makanan-makanan lezat yang hanya hadir saat Ramadhan.

“Selalu menyenangkan saat berbuka puasa dengan teman-teman muslim. Bahkan ketika saya tidak puasa momennya sangat khusus. Dan itu membuat semua orang merasa menjadi bagian dari keluarga yang sama,” imbuh Ozgunduz. “Jadi, Ramadhan adalah salah satu bulan favorit saya di Turki.”

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : onislam.net
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))