Rabu, 28 Zulhijjah 1435 / 22 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register
Kamis, 19 Juli 2012, 19:49 WIB

Arab Saudi Mulai Puasa Jumat Besok

Prasetyo Utomo/Antara
Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,  RIYADH –   Komite Ulama Arab Saudi menetapkan  1 Ramadhan 1433 H jatuh pada Jumat (20/7).

Menurut salah satu astronom Komite Ulama Saudi hilal akan terlihat di Kamis malam. “Bulan akan terlihat di hari Kamis enam menit setelah matahari terbenam,” kata astronom Saudi, Abdul Aziz Al-Shammari sebagai mana dilansir dari media lokal Arab News, Kamis (19/7).

Ia mengatakan kemunculan hilal ini akan menjadi penanda bahwa umat Muslim sudah harus diwajibkan berpuasa di hari selanjutnya.

“Jika para saksi mengatakan melihat bulan baru di Kamis ini, maka Jumat kami akan memulai hari pertama Ramadhan,” ujarnya.

Selain memperkirakan hari pertama puasa di Arab Saudi, Abdul Aziz juga memprediksi hari raya Idul Fitri akan jatuh 18 Agustus nanti.

Ia mengatakan Ramadhan sesuai dengan perkiraan awal dalam penanggalan  Ummu Al-Qura, kalender yang biasa dipakai ulama Arab Saudi untuk menentukan  kapan Ramdhan berlangsung. Sementara itu, sejumlah negara Timur Tengah lain juga akan memulai puasa Jumat ini. Di antaranya Uni Emirat Arab, Aljazair, dan Tunisia.

Reporter : Sefti Oktarianisa
Redaktur : Heri Ruslan
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)