Sabtu, 1 Safar 1439 / 21 Oktober 2017
find us on : 
  Login |  Register
Ahad , 25 Juni 2017, 17:59 WIB

Libur Lebaran Berkah Bagi Para Pedagang

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda
Republika
Keramba Apung, Waduk Jatiluhur, Kamis (16/5).
Keramba Apung, Waduk Jatiluhur, Kamis (16/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Libur lebaran menjadi berkah bagi para pedagang di lokasi objek wisata. Para pedagang di objek wisata Waduk Jatiluhur misalnya meraup keuntungan di libur lebaran ini.

"Kalau hari-hari biasa kadang-kadang nggak dapat uang sama sekali, kalau libur lebaran ya Alhamdulillah," kata Emah (65 tahun), pedagang di objek wisata Waduk Jatiluhur, Ahad (25/6).

Emah mengatakan, kalau di akhir pekan paling mendapatkan keuntungan di kisaran Rp 200 ribu sampai RP 300 ribu. Di hari libur lebaran, biasanya selama tiga hari bisa mendapatkan sekitar dua juta rupiah.

Tapi, dikatakan dia, hanya di hari libur lebaran saja mendapatkan untung sampai dua juta rupiah. Sementara, di hari-hari biasa jarang pembeli. Kadang sampai tidak mendapatkan uang sama sekali.

Menurut Emah yang sudah puluhan tahun berdagang, di hari libur lebaran juga tergantung jumlah wisatawan yang datang. "Kalau harga tiket masuk ke objek wisata Waduk Jatiluhur murah, banyak wisatawan, banyak yang jajan," ujarnya.

Pedagang lain, Amir (40) yang sehari-hari berjualan Buah Danas mengatakan hal serupa. Ia mengungkapkan, kalau di hari-hari biasa kadang tidak ada yang beli sama sekali. Tapi kalau libur lebaran alhamdulillah banyak yang beli.

"Di libur lebaran bisa menjual empat kuintal Danas, tapi di akhir pekan hari-hari biasa juga ada yang beli tapi tidak banyak," ujarnya.

Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)