Sunday, 2 Safar 1439 / 22 October 2017
find us on : 
  Login |  Register
Sabtu , 24 June 2017, 07:00 WIB

Makan Sehat Saat Rayakan Idul Fitri

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Republika/Rakhmawaty La'lang
Berbagai makanan terhidang saat Lebaran, santap dalam porsi secukupnya. Hindari makan berlebihan.
Berbagai makanan terhidang saat Lebaran, santap dalam porsi secukupnya. Hindari makan berlebihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan, liburan, seperti Idul Fitri biasanya dipenuhi dengan sajian makanan dan jajanan, seperti lontong sayur, ketupat lebaran, soto, nastar dan lain lain. Hidangan manis dan gurih, santan, kuah dengan lemak daging biasanya menjadi favorit pada momen spesial umat muslim tersebut.
 
Makanan-makanan lezat itu bukan tanpa risiko. Jika tidak taktis dalam penyajian dan pengkonsumsiannya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Anda bisa memilah-milah menu yang tepat dan sehat. Tidak berlebihan dalam makan juga menjadi kunci aman.

Berikut beberapa kiat makan sehat di hari yang fitri seperti dilansir dari Hella Wella, Sabtu (24/6).

1. Makan makanan kaya rempah
Rempah-rempah memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan. Tidak hanya menekan kalori, bumbu rempah juga kaya antioksidan, berfungsi sebagai pengurang rasa sakit, dan penghilang stres. Anda bisa makan makanan yang kaya akan rempah, seperti kayu manis, cengkeh, mint, dan bawang putih.

2. Jauhi potongan daging berlemak
Ketika membeli sapi, kambing, domba, atau ayam, Anda bisa mengurangi kalorinya dengan memilih bagian tubuh yang sedikit lemak. Jika itu ayam, maka kupas kulitnya. Jika itu daging sapi, maka pilih bagian yang lemaknya sedikit.  Ini membuat Anda tetap bisa makan enak sekaligus sehat.

3. Ganti mentega dengan minyak
Anda bisa membuat perubahan kecil, seperti menggunakan minyak goreng untuk memanggang, bukan mentega. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun, sehingga asupan kalori dan pencernaan tetap terjaga.

4. Kurangi gula dan krim
Gula menjadi paling kontroversial mengingat hidangan kue-kue di hari lebaran sangat nikmat. Ada juga puding untuk pencuci mulut, permen, cokelat, semuanya manis dan menjadi bagian dari hari raya. Anda bisa menggunakan sedikit gula dan krim dalam kue lebaran buatan rumah, atau minimal mengurangi konsumsi kue-kue manis di hari lebaran.

Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)