Monday, 3 Safar 1439 / 23 October 2017
find us on : 
  Login |  Register
Kamis , 15 June 2017, 14:03 WIB

11 Makanan Khas Buka Puasa dari Berbagai Negara

Rep: MUTIA RAMADHANI/ Red: Esthi Maharani
Google
Kolak (ilustrasi)
Kolak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah bulan suci umat Muslim. Budaya berbeda dari seluruh dunia salah satunya ditunjukkan dalam sajian makanan untuk berbuka puasa. Berikut adalah 11 makanan khas berbuka puas dari berbagai negara, dilansir dari Crawnit, Kamis (15/6).

1. Maroko
Penduduk Maroko biasanya mengakhiri puasa dengan sajian sup yang disebut harira. Ini adalah sup kental yang terdiri dari campuran kacang, buncis, beras, dan daging sapi yang dimasak di ata sapi kecil dalam saus tomat dan rempah-rempah, seperti kunyit dan jahe. Sup ini memiliki dua rasa, fesi (ringan, lebih banyak tomat), dan marrakechi (berat, lebih banyak sayuran).

Chebakia adalah kue goreng yang terbuat dari potongan adonan digulung menyerupai bunga mawar, diolesi madu dan wijen. Ini adalah makanan khas Maroko yang populer di seluruh kota. Baghir adalah pancake yang berasal dari Afrika Utara, namun sangat populer di Maroko. Ada juga briouates yang berupa kue manis berisi daging, dicampur keju, lemon, merica, dan sayuran. Semuanya dibungkus dalam warqa berbentuk segitiga atau silinder.

2. Arab Saudi dan United Arab Emirates (UAE)
Arab Saudi dan UAE biasanya menikmati kurma untuk berbuka puasa, serta yoghurt yang juga dinikmati saat sahur.

3. Irak
Masyarakat Irak mengakhiri puasa dengan sup miju-miju dan qamar al deen, sejenis minuman aprikot yang populer di seluruh wilayah negara tersebut.

4. Lebanon
Penduduk Lebanon akan menyegerakan pulang begitu akan berbuka puasa. Mereka secara tradisional membatalkan puasa dengan segelas air, jus segar, sup miju-miju, dan fettoush salad.

5. Turki
Gullac adalah makanan penutup di Turki, terbuat dari susu, buah delima, dan kue khusus. Dessert ini menjadi makanan tradisional sejak Kekaisaran Ottoman pada akhir 1400-an. Meskipun kue tradisional, namun sangat populer di bulan Ramadhan.

Pastirma adalah daging sapi kering yang namanya diambil dari penunggang kuda Turki di Asia Tengah. Pastirma dipandang sebagai makanan yang bisa dipasangkan dengan berbagai menu. (Mutia

6. Aljazair
Chorba adalah sup terbuat dari bihun dan rempah-rempah, seperti kunyit, jahe, dan paprika. Sup ini populer di banyak negara, termasuk Afrika Utara, negara-negara Balkan, Asia Tengah, dan Timur Tengah.

Chekchouka adalah hidangan terdiri dari telur rebus yang dicampur dalam saus tomat, cabai, dan bawang, juga dibumbui dengan jintan. Asal-usulnya tak diketahui, namun menjadi makanan pokok di negara-negara Afrika Utara.

7. Indonesia
Kolak pisang adalah makanan berbuka puasa populer di Indonesia, terbuat dari pisang yang direbus di dalam santan kelapa, gula merah, dan daun pandan.

8. Malaysia
Bubur lambuk adalah bubur nasi populer di Malaysia. Isinya terbuat dari campuran sereh, rempah-rempah, sayuran, dan ayam atau daging sapi. Penduduk Malaysia juga suka makan ketupat untuk berbuka puasa. Ketupat dikemas dalam anyaman daun kelapa.

9. India, Pakistan, Bangladesh
Haleem adalah rebusan daging, kacang, dan gandum tumbuk yang diolah menjadi pasta kental. Hindangan ini tak hanya ditemui di India, Pakistan, Bangladesh, namun juga di Timur Tengah. Resep pertama haleem dikenal pada abad ke-10.
Biryani adalah hidangan nasi campur terbuat dari rempah-rempah, beras, kacang, daging, dan sayuran. Dua jenis biryani adalah pakki yang dimasak, dan kacchi yang masih mentah.

Malpuas adalah pancake yang disajikan sebagai kudapan. Ini terbuat dari pisang yang dihaluskan juga kelapa, kemudian ditambahkan tepung, air, dan susu. Ada banyak variasi malpuas bergantung pada daerahnya, seperti penambahan nanas dan mangga. Jalebi adalah kue manis terbuat dari adonan tepung terigu berbentuk melingkar atau pretzel kemudian digoreng dan disajikan dengan rendaman sirup gula. Jalebi juga dikenal dengan nama zulbia.

Samosa adalah makanan yang digoreng atau dipanggang dengan kentang bumbu, bawang, kacang polong, lentil, makaroni, mie, dan atau daging cincang. Samosa disebut berasal dari Timur Tengah yang diperkenalkan ke India oleh pedagang Muslim dari Asia Tengah.

10. Somalia
Bocor katiitow adalah makanan berbuka puasa yang populer di Somalia Selatan. Ini terbuat dari labu, kapulaga, dan gula. Ada juga kac kac, yaitu donat khas Somalia yang terbuat dari roti digoreng.

11. Mesir
Mahshi adalah hidangan terbuat dari squash, sumsum, atau zucchini. Menu ini populer di negara-negara Balkan dan Levant mengingat popularitas sejarah di wilayah Ottoman. Hidangan ini bervariasi, ada yang dibuat dengan atau tanpa daging. (Mutia Ramadhani)

Sumber : Center

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)