Monday, 3 Safar 1439 / 23 October 2017
find us on : 
  Login |  Register
Senin , 14 July 2014, 11:07 WIB

Waspadai Sejumlah Titik Rawan di Rute Arah Jateng Via Ciamis

Rep: gilang akbar prambadi/ Red: Muhammad Hafil
Republika/Rakhmawaty La'lang
Pemudik (ilustrasi)
Pemudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS—Pemudik diminta waspada saat melintasi jalur arah selatan menuju Jawa Tengah (Jateng) via Ciamis, Jawa Barat (Jabar). Pasalnya terdapat sejumlah titik rawan macet, kecelakaan lalu lintas, dan bencana alam di wilayah ini.

Dipetakan oleh kepolisian setempat, lokasi rawan macet tersebar di titik yang kerap dilalui oleh para pemudik. Yakni, wilayah simpang tiga Sindang Kasih yang berlokasi di KM 106 dari arahBandung, simpang tiga Cisaga KM 141 dari arah  Bandung, dan Pintu Masuk Tol Objek Wisata Pangandaran KM 121 dari arah Bandung.

“Untuk daerah rawan kecelakaan lalu lintas, itu ada di titik Dusun Bangsawatt rute Ciamis di KM 117 dari arah Bandung, Cilutut Desa Dewansari rute Cijeungjing KM 125 dari arah Bandung, Dusung Kidul rute Cijeungjing juga KM 129-131 dari arah Bandung, dan di rute Babakan dekat Pengandaran KM 209-210 dari arah Bandung,” kata wakil kepala Pos Gatur Ciamasi Brigadir Kepala (Bripka) Z. Tampubolon di Ciamis Senin (14/7).

Sedangkan untuk daerah rawan bencana alam, kata dia, di Rute Ciamis memiliki lima titik yang terbagi rawan banjir dan longsor. Dijelaskannya, titik rawan tanah longsor terdapat di rute Desa Jelat-Alinayin Baregbeg KM 124-129 dari arah Bandung, Jalan Kawali-Panawangan KM 143-167 dari arah Bandung.

Kemudian, untuk daerah rawan banjir berada di jalur Padaherang KM 182 dari arah Bandung, Pasar Tunggalis Kalipucang KM 189 dari arah Bandung, dan Pasar Kalipucang KM 194 dari arah Bandung.

 “Pimpinan kami di Polres Ciamis akan gelar pasukan dulu bekerjasama dengan Polresta Banjar. Tentunya ratusan personel dan puluhan pos pengamanan akan mengawal para pemudik sebagai bentuk antisipasi penanganan daerah-daerah rawan ini,” ujarnya.

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)