Monday, 27 Zulqaidah 1435 / 22 September 2014
find us on : 
  Login |  Register
Saturday, 13 July 2013, 09:45 WIB

Perempuan Indonesia Ini Kampanye Masjid Hijau di AS

voa
Nana Firman, aktivis lingkungan asal Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, Nana Firman, seorang aktivis lingkungan asal Indonesia di kota San Diego, California, yang pada bulan Ramadan kali ini kerap kali berkeliling untuk mempromosikan kampanye “Green Mosque, Green Globe (Masjid Hijau, Planet Hijau)." “Saya banyak bergerak dengan komunitas muslim di San Diego, memperkenalkan tentang perspektif islam dalam menjaga planet ini," ujarnya.

"Mengikuti hadits nabi bahwa seluruh bumi ini adalah masjid. Kalau masjid kita jaga selalu bersih (dan) suci, kenapa buminya tidak kita jaga bersih (dan) suci juga seperti masjid? Nah, saya ingin mempopulerkan hadits itu melalui kampanye “Green Mosque, Green Globe,” ujar Nana kepada VOA baru-baru ini.

 Di San Diego, Nana aktif terlibat di berbagai organisasi yang berhubungan dengan lingkungan, selain juga aktif di berbagai komunitas muslim setempat.  “Di sini lumayan banyak komunitas muslimnya. Mereka masih banyak yang tidak sadar  tetang hubungan Islam dan lingkungan. Padahal di dalam Quran ada 260 ayat yang menyampaikan tentang pesan-pesan lingkungan dan juga tentang sumber daya alam. Nah, itu yang kadang-kadang orang lupa," ujar Nana.

"Jadi saya mulai memperkenalkan di beberapa komunitas muslim, tentang pesan-pesan Islam untuk menjaga lingkungan” jelas perempuan yang pernah beberapa kali mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan perubahan iklim dengan Al Gore, mantan wakil presiden Amerika Serikat, yang juga adalah ketua Aliansi Perlindungan Iklim di Amerika.

Redaktur : Endah Hapsari
Berita Terkait:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)