Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register
Minggu, 12 Agustus 2012, 05:27 WIB

Jelang Lebaran, Harga Cabai Merah Meroket

Antara/Oky Lukmansyah
Seorang pedagang menata dagangan cabainya. (ilustrasi)
A+ | Reset | A-

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Memasuki H-8 Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional pantura Kabupaten Cierbon, Jawa Barat naik akibat permintaan tinggi sedangkan pasokan terhambat.

Nurdin, pedagang cabai merah di pasar Jagasatru Kota Cirebon kepada wartawan di Cirebon, Minggu mengakui bahwa memasuki H- 8 Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah harga cabai mulai bergerak naik, kini dijual Rp 15 ribu per kilogram sebelumnya bertahan Rp 9 ribu sampai Rp 10 ribu per kilogram.

Diperkirakan harga cabai merah akan mengalami kenaikan karena permintaan konsumen mendekati lebaran Idul Fitri cukup tinggi,sedangkan pasokan dari petani setempat berkurang akibat musim kemarau berkepanjangan.

Harga cabai merah di daerah Pantura Kabupaten Cirebon, Indramayu, Subang, Tegal, Brebes, Majalengka dan Kuningan masih tergantung kiriman dari petani setempat, jika mereka gagal panen biasanya langsung melonjak sempat tembus Rp 90 ribu per kilogram.

Menurut dia, harga cabai sempat anjlok saat petani ramai tanam cabai merah, ketika itu panen serentak diberbagai daerah, dampaknya harga cabai merah rendah meski permintaan tinggi akibat melimpahnya persediaan cabai merah.

Selama ini langkah petani juga pedagang mengatasi rendahnya cabai merah belum ada solusinya karena cabai merah tidak tahan lama, kurang dari sepekan kualitas sudah berubah menunggu dua pekan membusuk paling dimanfaatkan oleh pedagang bumbu sebagai bahan cabai merah kering.

Sementara itu Kurniadi pedagang cabai lain mengaku, harga cabai memasuki pekan keempat bulan Ramadhan cenderung naik, sebelumnya sempat bertahan diharga Rp 10 ribu per kilogram, karena pasokan dari petani lokal lancar sedangkan permintaan dari konsumen stabil.

"Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Kota dan Kabupaten Cirebon selama ini masih mengandalkan pasokan cabai merah dari petani setempat, kini pasokan cabai merah mulai terhambat akibat panen kurang maksimal, diperkirakan kebutuhan meningkat harga cabai meroket,"katanya.

Neni pembeli cabai merah di pasar Kanoman Cirebon mengaku, harga cabai merah cukup tinggi dibandingkan dua pekan lalu, kini dijual kurang dari Rp 15 ribu per kilogram padahal sebelumnya hanya kurang dari Rp 10 ribu per kilogram.

Redaktur : Heri Ruslan
Sumber : Antara
1.674 reads
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
Topik: Salam Ramadhan
Tweet: #RAMADHANwithROL