Kamis, 5 Safar 1436 / 27 November 2014
find us on : 
  Login |  Register
Rabu, 18 Juli 2012, 11:55 WIB

Penentuan 1 Ramadhan Tunggu Sidang Isbat

Antara
Sidang Isbat Kementerian Agama

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG---Penentuan pelaksanaan awal puasa 1 Ramadhan akan dilakukan dengan melihat hilal pada Kamis (19/7) petang dan hasilnya diputuskan melalui sidang Isbat.

Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Saefudin mengatakan, penentuan pelaksanaan awal Ramadhan pada Kamis dengan melihat posisi bulan bersama pemuka agama.

Hasil itu nantinya sidang Isbat untuk mendengarkan laporan dari berbagai tim yang ditugaskan bekerja melihat bulan di berbagai tempat.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kemungkinan terjadinya perbedaan dalam penentuan 1 Ramadhan, karena cara penghitungan serta metode tidak sama.

Namun perbedaan itu bukanlah alasan yang menjadikan umat untuk terpecah belah, katanya.

Dikatakannya, pihaknya meminta kepada umat Islam tidak perlu khawatir terkait penetapan pelaksanaan awal bulan puasa.

Yang paling penting bagaimana pelaksanaan puasa berjalan lancar dan nilai keimanan semakin meningkat, katanya mengingatkan.

Oleh karena itu, pihaknya hanya menghimbau kepada para pengelola tempat hiburan untuk mentaati peraturan yang sudah dikeluarkan pemerintah daerah masing-masing.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : Antara
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)