Senin, 3 Safar 1439 / 23 Oktober 2017
find us on : 
  Login |  Register
Selasa , 04 Juli 2017, 13:19 WIB

Mudik Dinilai Kondusif, Menhub Pamer Pujian

Rep: FREDERIKUS DOMINGGUS/ Red: Ilham Tirta
Antara/Wahyu Putro A
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memuji kerja sama semua pihak dalam melayani kebutuhan mudik tahun ini. Budi menilai koordinasi yang terjalin di lapangan membuat suasana lalu lintas dan pelayanan penumpang pada periode Lebaran 2017 kondusif.

"Mudik ini relatif baik ya. Saya mengapresiasi semua stakeholder, polisi, PUPR, Jasa Marga, Depkes, ESDM dan Pertamina. Pemda juga," katanya di Kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta, Selasa (4/7).

Ia menerangkan, minat penumpang di berbagai sektor mengalami penigkatan. Untuk transportasi udara mengalami kenaikan 10 persen. "Artinya ada suatu kondisi dimana kemampuan para operator dan penyelenggara (bekerja maksimal). Ekonomi masyarakat meningkat. Sehingga ini menjadi indikator yang baik," kata Budi.

Ia melanjutkan, minat penumpang dalam menggunakan jasa Kereta Api juga meningkat. Pihak Kemenhub menargetkan penambahan kapasitas untuk merespon permintaan pasar. "Kita akan tingkatkan, kita dorong Kereta Jakarta-Surabaya, yang kapasitasnya meningkat tiga kali lipat," kata Budi.

Ia menerangkan, mengenai angka kecelakaan secara umum mengalami penurunan tahun ini. Meski demikian, jalur darat masih menjadi area yang harus dibenahi terus-menerus. "Menurun, banyak sekali, nggak sampai 60 persen lah tahun ini. Paling banyak di darat, dan terjadinya gak di nasional, tapi di jalan daerah," ujar mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini.

Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))