Selasa, 7 Ramadhan 1439 / 22 Mei 2018

Selasa, 7 Ramadhan 1439 / 22 Mei 2018

 

Arus Balik dari Terminal Sukabumi Mulai Naik

Jumat 30 Juni 2017 16:46 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ilham Tirta

Terminal Sukabumi (ilustrasi).

Terminal Sukabumi (ilustrasi).

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Arus balik pemudik dari Terminal Tipe A Kota Sukabumi mulai terlihat Jumat (30/6), siang. Hal ini ditandai dengan banyaknya penumpang yang diberangkatkan dari terminal menuju sejumlah lokasi, terutama Jakarta.

''Jumlah penumpang arus balik sudah menunjukkan peningkatan dibandingkan sebelumnya,'' ujar Koordinator Terminal Tipe A Kota Sukabumi, Yukky Rahmat Yunus kepada Republika.co.id. Contohnya jumlah penumpang yang diberangkatkan pada H+ lebaran atau Kamis (29/6), mencapai sebanyak 3.313 orang.

Sementara penumpang yang tiba di Terminal Sukabumi hanya sebanyak 2.520 orang. Sebenarnya, kata Yukky, jumlah penumpang arus balik yang diberangkatkan dari Sukabumi sudah terlihat sejak Selasa dan Rabu (27 dan 28/6), lalu.

Pada Selasa, jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 3.108 orang. Sedangkan pada Rabu jumlahnya meningkat menjadi 3.716 orang.

Yukky mengungkapkan, jumlah penumpang arus balik tahun ini mengalami peningkatan cukup besar dibanding tahun sebelumya. Jumlah penumpang arus balik pada rentang H+1 hingga H+3 tahun lalu hanya sebanyak 7.348.

Sementara pada 2017 ini, jumlah penumpang melonjak menjadi 10.137 orang. Kondisi tersebut menunjukkan masih banyaknya warga yang menggunakan moda transportasi bus.

Diterangkan Yukky, pada momen arus balik tujuan penumpang rata-rata daerah Jakarta, seperti Kalideres dan daerah sekitarnya. Selain itu, banyak penumpang menuju Bandung. Semua penumpang arus balik masih terlayani dengan armada bus yang ada di terminal. Jika terjadi lonjakan penumpang, terminal telah menyiapkan bus cadangan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA