Kamis, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 Pebruari 2018
find us on : 
  Login |  Register
Jumat , 30 Juni 2017, 12:22 WIB

Pelabuhan Bakauheni Belum Dipadati Penumpang Arus Balik

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nur Aini
Republika/ Wihdan
Kapal Ferry menunggu bongkar muatan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa (21/6). (Republika/ Wihdan)
Kapal Ferry menunggu bongkar muatan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa (21/6). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pemudik yang menyeberang ke Pelabuhan Merak (Banten) dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung) masih lengang pada arus balik Lebaran Idul Fitri 1438 pada H+5 Jumat (30/6) siang. Arus kendaraan roda empat dan dua yang masuk kapal ferry (roll on roll off/roro) lancar.

“Mobil dan motor masih lengang dan lancar masuk kapal ferry Jumat siang. Belum terlihat adanya antrean panjang kendaraan di Pelabuhan Bakauheni,” kata Iskandar Zulkarnain, warga Kota Bandar Lampung yang hendak menuju ke Purwakarta, Jawa Barat kepada Republika.co.id, Jumat (30/6).

Ia bersama keluarga membawa mobil pribadi menuju Pelabuhan Bakauheni pada Jumat pagi. Prediksi puncak arus mudik terjadi pada H+5 hingga siang hari belum terlihat. Arus kendaraan dari Lampung menuju Pelabuhan Bakauheni yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak masih lengang dan lancar.

Bapak tiga anak tersebut menyatakan, menunggu masuk kapal tidak terlalu lama, karena kendaraan yang mengantre tidak panjang. Selain itu, kapal ferry yang bongkar muat penumpang dan kendaraan juga cepat dan lancar. “Menyeberang ke Merak hanya dua jam, lebih cepat,” katanya.

Kondisi cuaca di perairan Selat Sunda mendung. Sedangkan gelombang laut masih normal, meski bakal turun hujan. Namun ia menyatakan pada arus balik kendaraan yang menyeberang di lima dermaga yang ada berjalan lancar, tanpa ada antrean panjang.

Ia memprediksi kepadatan penumpang dan kendaraan baik motor maupun mobil akan terjadi pada malam hingga Sabtu pagi mendatang, seiring berakhirnya liburan Lebaran dan akhir pekan. “Mungkin puncak arus balik malam atau Sabtu nanti,” ujar karyawan swasta di Bandar Lampung tersebut.

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)