Tuesday, 4 Safar 1439 / 24 October 2017
find us on : 
  Login |  Register
Senin , 19 June 2017, 21:07 WIB

231 Sepeda Motor Pemudik Tiba di Daop VI Yogyakarta

Red: Ilham Tirta
Republika/Yasin Habibi
Pemudik motor gratis mengepak motor yang akan diangkut.
Pemudik motor gratis mengepak motor yang akan diangkut.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 231 unit sepeda motor tiba di sejumlah stasiun di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi VI menggunakan program angkutan motor gratis pada masa Angkutan Lebaran 2017. "Hari ini adalah jadwal kedatangan pertama untuk angkutan motor gratis. Sepeda motor ini diangkut dari Stasiun Jakarta Gudang pada Ahad (18/6), dan diturunkan di sejumlah stasiun yang dilewati," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Senin (19/6).

Di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta, sepeda motor yang dibawa menggunakan angkutan motor gratis diturunkan di tiga stasiun, yaitu Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari. Pada jadwal kedatangan pertama, terdapat 38 unit sepeda motor yang diturunkan di Stasiun Lempuyangan, 76 unit sepeda motor diturunkan di Stasiun Klaten, dan 117 unit sepeda motor diturunkan di Stasiun Purwosari.

"Selain menurunkan sepeda motor, di Stasiun Lempuyangan juga diangkut 13 unit sepeda motor menuju arah Blitar atau stasiun pemberhentian terakhir angkutan motor gratis yang melalui jalur selatan," katanya.

Eko menyebut, PT KAI menyediakan program angkutan motor gratis untuk mengurangi jumlah pemudik menggunakan sepeda motor karena sangat rawan mengalami kecelakaan di jalan raya. Oleh karena itu, lanjut dia, untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya maka digulirkan program angkutan motor gratis yang sudah dilakukan selama beberapa tahun terakhir.

Pada tahun ini, PT KAI menargetkan mengangkut sekitar 25 ribu sepeda motor melalui tiga jalur, yaitu jalur utara yang berakhir di Stasiun Surabaya Pasar Turi, jalur selatan satu yang berakhir di Stasiun Kutoarjo dan jalur selatan dua yang berakhir di Stasiun Blitar. Seluruh sepeda motor diberangkatkan dari Jakarta.

"Kapasitas angkut angkutan motor gratis tahun ini jauh lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 8.000 unit kendaraan," katanya.

Salah satu syarat untuk bisa mengakses program angkutan motor gratis adalah memiliki tiket mudik, baik menggunakan moda transportasi kereta api maupun dengan moda transportasi lain seperti bus. Sementara itu, angkutan motor gratis untuk arus balik akan dilakukan mulai 29 Juni hingga 5 Juli. Warga yang ingin mengikuti program untuk kembali ke Jakarta dapat menyerahkan sepeda motornya di Stasiun Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari.

Sumber : Antara

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)