Sabtu, 1 Safar 1439 / 21 Oktober 2017
find us on : 
  Login |  Register
Selasa , 20 Juni 2017, 01:12 WIB

Jalur Wisata Lembang Terapkan One Way Contra Flow Saat Mudik

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Hazliansyah .
Republika/Edi Yusuf
Kemacetan di jalur alternatif dan jalur menuju tempat wisata di Jl Maribaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (7/7). (Republika/Edi Yusuf)
Kemacetan di jalur alternatif dan jalur menuju tempat wisata di Jl Maribaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (7/7). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana mengungkapkan pihaknya akan menerapkan one way contra flow pada jalur wisata Lembang-Bandung begitu sebaliknya saat arus mudik dan arus balik Lebaran 1438 Hijriah berlangsung.

Selain itu akan dilakukan penambahan personel, penempatan pos dan rekayasa lalu lintas dalam rangka pengamanan arus mudik. "Nanti akan kita terapkan one way kontra flow dari Bandung ke Lembang dan Lembang ke Bandung,” ujarnya, Senin (19/6).

Ia memprediksi masalah lalu lintas di Cimahi jelang lebaran yaitu pengamanan arus mudik dan balik serta pengamanan tempat wisata. Dimana, arus mudik dan balik didominasi roda dua yang tidak terakomodir tol sepanjang perbatasan Purwakarta hingga Bandung.

Ia menuturkan, pada pengamanan arus mudik Lebaran 1438 Hijriah kali ini sebanyak 1.300 petugas gabungan diterjunkan untuk melakukan pengamanan di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Petugas tersebut sendiri terdiri dari unsur Polres Cimahi, TNI, Dinas Perhubungan Kota Cimahi dan Kab. Bandung Barat, Satpol PP serta Damkar Kota Cimahi dan Kab. Bandung Barat.

Dirinya mengatakan dalam Ops Lodaya Ramadniya Tahun 2017, terdapat tiga hal  yang ditekankan, yakni pengamanan kelancaran arus mudik dan arus balik, terjaganya stabilitas pangan serta terjaganya Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)