Wednesday, 1 Zulhijjah 1438 / 23 August 2017
find us on : 
  Login |  Register
Senin , 19 June 2017, 20:10 WIB

RAPI Siapkan 16 Posko Bantuan Komunikasi Arus Mudik

Rep: Eko WidiyatNo/ Red: Andri Saubani
Republika/ Tahta Aidilla
[ilustrasi] Peserta bermotor dari Radio Antar Penduduk Indonesia.
[ilustrasi] Peserta bermotor dari Radio Antar Penduduk Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah Kabupaten Banyumas menyiapkan 16 posko untuk bantuan komunikasi (bankom) dalam rangka membantu kelancaran mengamanakan arus mudik dan balik serta liburan Lebaran tahun ini. Ketua Bidang Organisasi dan SDM Rapi Pusat, Wijatmoko, posko tersebut antara lain berada di jalur mudik, terminal dan stasiun, serta tempat hiburan.

''Di Terminal Bulu Pitu kita pasang tiga perangkat yang langsung bisa akses dan monitor ke Kementerian Perhubungan. Satu perangkat untuk komunikasi lokal Banyumas, yang kedua untuk wilayah Jateng dan DIY dan satu lagi melayani nusantara,'' katanya, Senin (18/6).

Menurutnya, anggota yang diterjunkan di posko dibagi dua shift. Yakni pagi dan malam. Untuk shift pagi dua anggota. Sedangkan shift malam empat orang. Bahkan ada yang berjaga secara mobile atau berkeliling.

Ketua RAPI Lokal Kota Purwokerto, Yohanes Sigit Sudomo mengatakan, kegiatan pemantauan arus mudik dan balik melalui radio komunikasi ini dipuasatkan di Terminal Bulu Pitu dan Stasiun KA Purwokerto. Lokal Purwokerto, ada 120 anggota dan yang terlibat di bankom sebanyak 30 anggota.

''RAPI wilayah Banyumas menugaskan kami di dua titik utama yakni terminal dan stasiun, ini bergabung dengan tim dari Polres dan Pemkab Banyumas. Masing-masing lokasi, plus minus kita siapkan 20 anggota. Mereka bertugas lebih ke arah pemantauan informasi perkembangan arus mudik dan balik nanti,'' katanya.

Kepengurusan perode 2017-2020, kata Wijatmoko, sudah banyak melakukan kegiatan. termasuk kegiatan bankom dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik. Termasuk kegiatan sosial, berbagi takjil untuk berbuka puasa kepada masyarakat di 30 titik wilayah Purwokerto.





Kerjasama Republika Online - KEMENHUB
Pantau Live Jalur Mudik Lainnya
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)