Saturday, 8 Jumadil Akhir 1439 / 24 February 2018
find us on : 
  Login |  Register
Senin , 19 June 2017, 11:18 WIB

Daop 2 Jalankan KA Tambahan Premium Rute Bandung-Jakarta

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hazliansyah .
Mahmud Muhyidin
Penumpang berjalan dibelakang gerbong kereta api pembangkit argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta berbahan bakar Liqufied Natural Gas (LNG), di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Selasa (20/12).
Penumpang berjalan dibelakang gerbong kereta api pembangkit argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta berbahan bakar Liqufied Natural Gas (LNG), di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Selasa (20/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kereta api masih menjadi salah satu transportasi publik favorit dalam masa angkutan Lebaran 2017. Menyikapi hal ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menambah kembali perjalanan kereta api khususnya rute Bandung-Jakarta PP.

Manajer Humas Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, Daop 2 akan menambahkan beberapa perjalanan pada KA Argo Parahyangan. Bahkan, ada rute tambahan pada dua perjalanan KA Argo Parahyangan menjadi Pasar Senen–Bandung PP. Menariknya, KA Argo Parahyangan dari Pasar Senen ini menggunakan rangkaian kereta ekonomi baru produksi PT INKA.

“Ya, ada penambahan rute pada dua jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan menjadi Pasar Senen–Bandung PP," ujar Joni kepada wartawan, Senin (19/6).

Rangkaian Kereta Ekonomi Premium layanan terbaru ini, kata Joni, diproduksi PT INKA, Madiun. Kereta Ekonomi Premium ini terdiri dari delapan rangkaian berkapasitas 80 tempat duduk dan dua rangkaian khusus untuk penumpang dengan keterbatasan fisik sebanyak 64 tempat duduk.

Sekali perjalanan, menurut Joni, kereta ini mampu membawa 768 penumpang. Kelebihannya, kereta ini interiornya sudah sangat modern untuk ukuran kelas ekonomi bahkan setara dengan kereta eksekutif. Tempat duduknya sudah reclining, berpendingin ruangan, 4 TV dalam satu gerbong, dan interior kereta makan dengan desain minibar.  

Total KA Argo Parahyangan Tambahan, menurut Joni, sebanyak empat perjalanan yang akan mulai dioperasikan mulai tanggal 21 Juni 2017 hingga 6 Juli 2017 untuk KA Argo Parahyangan dari Pasar Senen. Sementara untuk rute Gambir-Bandung hanya sampai tanggal 2 Juli 2017.

“Pemesanannya dibuka pada 14 Juni 2017 di berbagai chanel penjualan yang telah bekerjasama dengan PT KAI,” kata Joni.

Tarif untuk KA Argo Parahyangan kelas Ekonomi adalah Rp 90.000 sedangkan untuk tarif kelas Eksekutif mulai Rp 120.000 sampai dengan Rp 140.000.

Adapun jadwal KA Argo Parahyangan Tambahan adalah sebagai berikut :

1. KA Argo Parahyangan Tambahan dari Pasar Senen ke Bandung pukul 11.00 WIB
2. KA Argo Parahyangan Tambahan dari Bandung ke Pasar Senen pukul 15.20 WIB
3. KA Argo Parahyangan Tambahan dari Bandung ke Gambir pukul 22.30 WIB
4. KA Argo Parahyangan Tambahan dari Gambir ke Bandung pukul 23.20 WIB.

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)